Pemkot Tegal Didorong segera Terapkan Integrasi Layanan Primer

Pemkot Tegal Didorong segera Terapkan Integrasi Layanan Primer

DORONGAN - Sekretaris Komisi II DPRD Kota Tegal Zaenal Nurohman menyampaikan dorongan saat rapat dengan Dinas Kesehatan.Foto:K Anam S/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG, TEGAL - Pemerintah Kota Tegal (Pemkot) didorong segera menerapkan Integrasi Layanan Kesehatan Primer atau yang lebih dikenal dengan Integrasi Layanan Primer. Penerapan Integrasi Layanan Primer di Kota Tegal bertujuan untuk mendekatkan akses dan pelayanan kesehatan yang promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif dan paliatif.

Dorongan tersebut disampaikan Sekretaris Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tegal Zaenal Nurohman. “Saya mendorong Pemkot Tegal segera mengimplementasikan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer mulai dari pelayanan di Puskesmas sampai ke pelayanan Posyandu,” kata Zaenal. 

BACA JUGA:SPPI Kabupaten Pemalang Minta APH Tahan Diri Lakukan Penindakan Manning Agency

Integrasi Layanan Primer, menurut legislator dari Daerah Pemilihan Margadana ini, sangat penting untuk mensukseskan Program Kementerian Kesehatan. Integrasi Layanan Primer berfokus pada tiga hal, yaitu siklus hidup sebagai fokus integrasi pelayanan, perluasan layanan kesehatan melalui jejaring hingga tingkat kelurahan, serta memperkuat pemantauan wilayah setempat.

Dengan menerapkan Integrasi Layanan Primer, Puskesmas hingga Posyandu dapat melakukan layanan yang bersifat promotif dan preventif kepada masyarakat. Misalnya screening terhadap penyakit tidak menular seperti tensi, gula darah, dan kolesterol. Screening tersebut akan membantu mendeteksi dini kondisi kesehatan masyarakat.

BACA JUGA:Harga Cabai Rawit Setan di Kabupaten Pemalang Tembus Rp70.000

Mengingat pelayanan ini dilakukan melalui kunjungan rumah oleh kader kesehatan, Zaenal mendorong penguatan sumber daya manusia kader kesehatan di tingkat kelurahan agar penerapan Integrasi Layanan Primer tersebut bisa maksimal. Selain sumber daya manusia yang kompeten, sarana dan prasana juga dipersiapkan bersama.

“Sehingga diharapkan mengurangi orang sakit dan menjaga agar mereka tetap produktif. Dengan demikian, dapat menambah Usia Harapan Hidup masyarakat Kota Tegal,” ujar politisi PKS itu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: