Begini Trik dan Tips Memilih Tenor Pinjol yang Baik dan Benar

Begini Trik dan Tips Memilih Tenor Pinjol yang Baik dan Benar

Trik dan tips memilih tenor pinjol --

DISWAY JATENG - Pinjaman online menjadi alternatif untuk mendapatkan kebutuhan dana mendesak. Sebelum Anda mengajukan pinjaman, sebaiknya lakukan tips memilih tenor pinjol agar tidak terbebani bunga dan risiko lainnya.

Tenor pinjaman penting diperhatikan pada saat mengajukan pinjaman. Dengan mengetahui tips memilih tenor pinjol yang baik dan benar maka Anda bisa terbebas dari lilitan utang, lho.

Pasalnya jika Anda salah pilih tenor bisa saja menimbulkan tagihan yang membengkak. Untuk menghindari hal seperti ini, maka ketahui tips memilih tenor pinjol paling benar sebelum mengajukan pinjaman.

BACA JUGA:Hindari Jebakan Pinjaman Limit Besar Tenor Panjang, Solusi Kebutuhan Finansial yang Tidak Solutif

Berikut tips memilih tenor pinjol supaya debitur tidak terbebani utang, bunga, atau denda keterlambatan. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 

1. Perhitungkan Kemampuan Membayar

Tips memilih tenor pinjol yang benar, yaitu pastikan Anda melakukan perhitungan dengan baik mengenai kemampuan pembayaran utang. Sebaiknya jangan ambil tenor pinjaman yang terlalu panjang jika Anda tidak yakin untuk membayarnya.

2. Tentukan Tenor Berdasarkan Tujuan Pinjaman

Tips memilih tenor pinjol juga harus berdasarkan tujuan pinjaman. Karena itu, untuk pinjaman jangka pendek, menengah, dan panjang harus diesuaikan jangka waktu pembayaranya sebagai berikut:

BACA JUGA:5 Pinjol Limit Besar Bunga Rendah, Tenor Panjang dan Limit Besar Solusi Keuangan Anda!

  • Pinjaman Jangka Pendek: Tenor yang paling aman untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek yakni 3 sampai 6 bulan.
  • Pinjaman Jangka Menengah: Untuk pinjaman jangka menengah Anda bisa ambil tenor cicilan mulai dari 6 hingga 12 bulan.
  • Pinjaman Jangka Panjang: Pinjaman jangka panjang biasanya diambil jika nasabah membutuhkan biaya besar. Karena itu, jangka waktu pembayaran yang ideal untuk diambil yakni mulai dari 12 sampai 24 bulan.

3. Jangan tergiur Cicilan Ringan

Pihak penyedia pinjol seringkali menawarkan cicilan ringan kepada calon peminjam jika ingin mengajukan pinjaman dengan tenor panjang. Namun, cicilan ringan tersebut sebaiknya harus diwaspadai karena bisa saja jebakan.

4. Hitung Total Biaya Pinjaman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: