5 Cara Mudah Pemutihan BI Checking Agar Tidak Masuk Daftar Blacklist OJK

5 Cara Mudah Pemutihan BI Checking Agar Tidak Masuk Daftar Blacklist OJK

cara pemutihan bi checking --foto inbizia strategi trading forex

DISWAY JATENG - Cara pemutihan BI Checking merupakan langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kredibilitas riwayat kredit. Proses ini menjadi kunci utama untuk memastikan kalian mendapatkan persetujuan kredit yang diinginkan baik itu KPR maupun kartu kredit. 

Cara pemutihan BI checking atau SLIK OJK menjadi solusi yang tepat bagi kalian yang ingin mengajukan pinjaman kembali. Saat sebelumnya memiliki skor kredit yang buruk, maka pembersihan ini bisa kalian lakukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. 

Cara pemutihan BI checking dilakukan untuk mengeluarkan nama debitur dari daftar hitam atau blacklist. Tanda adanya pemutihan sebab nasabah berada didalam daftar hitam. 

Dengan adanya cara pemutihan BI checking kalian bisa meningkatkan peluang mendapatkan persetujuan transaksi dan kredit, serta menciptakan dasar keuangan yang kuat untuk masa depan kalian.

BACA JUGA:6 Cara Pemutihan BI Checking Agar Pengajuan KPR Mudah Diterima

 

1. Negosiasi dengan Pemberi Pinjaman

Cara pemutihan BI Checking yang mungkin bisa kalian lakukan yaitu bernegosiasi dengan pemberi pinjaman, entah itu bank atau platform pinjol. Proses ini bisa melibatkan pembicaraan mengenai perpanjangan tenor pembayaran atau potensi pengurangan tingkat bunga. 

Harapannya setelah negosiasi disetujui, kalian bisa mengelola beban finansial dengan lebih ringan, sambil tetap berkomitmen untuk memperbaiki catatan kredit kalian secara bertahap. Langkah ini sangat strategis dalam membangun pondasi keuangan yang lebih stabil dan merestorasi kepercayaan lembaga keuangan terhadap kredibilitas kalian.

2. Minta Surat Keterangan dari Bank dan Perbarui Skor Kredit

Setelah berhasil melunasi seluruh utang, langkah berikutnya yaitu meminta surat keterangan dari bank yang menyatakan bahwa kalian telah menyelesaikan semua kewajiban finansial. Dokumen ini merupakan bukti konkret yang bisa kalian bawa ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memperbarui skor kredit kalian. 

BACA JUGA:Begini 6 Cara Pemutihan BI Checking agar Pengajuan KPR Disetujui

Proses ini melibatkan penyampaian surat keterangan dan bukti pembayaran kepada OJK untuk memastikan bahwa catatan kredit kalian diperbarui secara akurat. Tunggu hingga OJK mengonfirmasi bahwa skor kredit kalian bersih sebelum mempertimbangkan mengajukan pinjaman atau kredit baru. 

3. Lunasi Segala Jenis Utang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: