Begini 6 Cara Pemutihan BI Checking agar Pengajuan KPR Disetujui

Begini 6 Cara Pemutihan BI Checking agar Pengajuan KPR Disetujui

cara pemutihan bi checking agar pengajuan kpr disetujui--foto infobanknews

DISWAY JATENG - Cara pemutihan BI checking bisa menjadi solusi agar pengajuan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) disetujui. Pasalnya, BI checking kini jadi bahan pertimbangan saat mengajukan KPR. 

Galbay alias gagal bayar merupakan masalah yang sering dikhawatirkan oleh nasabah yang berisiko mengalami skor kredit buruk. Bila skor kredit buruk dan diblacklist kemungkinan besar pengajuan KPR akan ditolak. Jika sudah terlanjur, kalian bisa melakukan cara pemutihan BI checking agar pengajuan KPR disetujui. 

Cara pemutihan BI checking pada dasarnya yaitu melunasi semua utang atau pinjaman dan mengurangi tunggakan kredit. Dengan begitu, bank kalian bisa memperbarui data kredit kalian di sistem OJK sehingga skor kredit kalian bisa naik. 

Lantas, bagaimana cara pemutihan BI checking? Dibawah ini ada beberapa langkah cerdas yang bisa kalian coba dan lakukan agar pengajuan KPR di Acc. 

BACA JUGA:Bagaimana Cara Pemutihan BI Checking dan Berapa Lama Prosesnya? Berikut Penjelasan Lengkapnya

 

Melansir dari Mortgage Master, Sabtu (2/12/2023), berikut ini langkah-langkah yang bisa kalian lakukan untuk memperbaiki skor kredit kalian, sebagai berikut :

1. Benahi Finansial

Kesulitan dalam membayar utang tentunya muncul karena penghasilan yang pas-pasan atau lebih kecil dari utang yang diambil. Perhatikan kembali pengeluaran dan pemasukan kalian tiap bulan untuk mencari kemana mayoritas gaji mengalir. Dengan begitu, kalian bisa menentukan pos mana yang perlu ditekan dan langkah apa yang perlu kalian lakukan selanjutnya.

Jika ternyata penghasilan tidak mencukupi untuk membayar semua cicilan tiap bulan, kalian bisa mempertimbangkan opsi mencari penghasilan tambahan, misalnya dengan mengambil pekerjaan sampingan.

2. Jangan Ambil Utang Baru

Cara pemutihan BI checking wajib hukumnya untuk tidak mengambil utang baru. Dengan begitu, kalian tidak menambah beban keuangan. Utang ini termasuk utang kartu kredit dan juga pinjaman lunak dari keluarga atau orang terdekat. Jadi siapkan diri untuk memperketat ikat pinggang dan membatasi pengeluaran. 

BACA JUGA:5 Cara Pemutihan BI Checking Agar Proses Pengajuan Pinjaman Cepat Diproses

3. Hitung Semua utang yang Dimiliki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: