Semarak Pameran UMKM Warnai Puncak Peringatan Hari Koperasi

Semarak Pameran UMKM Warnai Puncak Peringatan Hari Koperasi

TINJAU - Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan bersama Asisten II sekda dan kepala OPD melihat dari dekat pameran UMKM di puncak Hari Koperasi.Foto:Hermas Purwadi/diswayjateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Di tengah puncak peringatan Hari Koperasi ke-77 tingkat Kabupaten Tegal, turut diwarnai gelar pameran UMKM yang dilangsungkan di Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa). Kegiatan ini turut dihadiri seluruh anggota gerakan Koperasi yang ada di wilayah Kabupaten Tegal

Kali ini  Pj Bupati Tegal Agustyarsyah melalui Asissten II  Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Joko Kurnianto  menyampaikan,  peran vital koperasi dalam meningkatkan ekonomi.

BACA JUGA:Sebelum PKL, Pelajar SMK Peristek Pangkah Kabupaten Tegal Digembleng 

Pertumbuhan ekonomi saat ini di Kabupaten Tegal terus meningkat. Koperasi dan UKM sejatinya bisa memberikan kontribusi untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi. 

Koperasi dapat memberikan sumbangsih untuk pertumbuhan ekonomi, khususnya yang ada di Kabupaten Tegal. Tentunya, hal tersebut memerlukan kreativitas, inovasi dan berbagai pemikiran.

"Agar koperasi-koperasi bisa berevolusi di dunia yang banyak ketidakpastian. Seperti evolusi teknologi, pemasaran, dan lainnya,” ujarnya.

BACA JUGA:MAN Kota Tegal Deklarasi Antibullying

Dia mengapresiasi koperasi dan UKM di Kabupaten Tegal terus meningkat dengan  mengembangkan berbagai produk olahan makanan khas Tegal, teh telang, tahu aci,  kacang bogares, dan beberapa komoditas lainnya. 

Sementara itu,Kepala Dinas Koperasi UKM perdagangan Kabupaten Tegal Iman Rudi Kurnianto menambahkan, sebanyak 35.000 UMKM sudah memiliki perijinan dan NIB, di samping produknya juga sudah di branding.

"Diharapkan, UMKM yang sudah ada perijinan dan memiliki NIB, bergabung kedalam koperasi sehingga dalam pemasaran produk olahan makanan bisa semakin cepat di pemasarannya," cetusnya, Senin (22/7/2024). 

BACA JUGA:DPT Pilkada di Kabupaten Tegal Berpotensi Meningkat, TPS Bertambah 

Terkait koperasi, dia sependapat bahwa tumbuh dan kuat bersama koperasi menjadi target ada 2 hal besar yang perlu menjadi perhartian koperasi.

Hal itu adalah penguatan kelembagaan melalui pencerdasan anggota melalui penyelenggaraan pendidikan  berkelanjutan.

"Serta mendidik anggota tentang bagaimana berkoperasi," ungkapnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: