Tak Perlu Panik, Ini 6 Tips Menghadapi Debt Collector dengan Kooperatif

Tak Perlu Panik, Ini 6 Tips Menghadapi Debt Collector dengan Kooperatif

cara menghadapi dc dengan kooperatif --foto inilah.com

Menurut Bankrate, cara tepat selanjutnya yaitu berkomunikasi dengan pihak DC bukan mengabaikannya. Pasalnya, mereka tidak akan berhenti menghubungimu sampai ada perkembangan.

Terlepas dari utang itu benar-benar milikmu atau bukan, sebaiknya jangan menghindar maupun berbicara terlalu banyak apalagi adu mulut dengan mereka.

Lebih baik dengarkan dulu penjelasan mereka, karena bisa jadi kalian memang memiliki aset yang sebenarnya masih terlibat sengketa utang tanpa sepengetahuanmu.

4. Minta Informasi Detail Secara Tertulis

Debt collector resmi diharuskan mengirimkan surat melalui email yang berisi rincian utang, seperti siapa kreditur asli dan cara menghubungi mereka, serta berapa banyak utang yang harus dibayar.

Fungsi informasi yang tertulis ini yaitu agar ada dokumentasi yang jelas. Ini akan berguna terutama jika utang tersebut memang ternyata bukan milikmu.

BACA JUGA:Cara Menghadapi DC Pinjol Agresif, Tetap Tenang Jangan Terbawa Emosi

Bila penagih utang tidak memberikan informasi ini sesuai jangka waktu yang ditentukan namun terus menghubungimu untuk melakukan penagihan, sebenarnya kalian bisa melaporkan mereka ke pihak berwajib.

5. Ketahui Ciri-ciri DC Ilegal 

Bila kalian gagal menerapkan beberapa cara di atas dan DC masih melakukan teror, kemungkinan ada indikasi penipuan atau praktik ilegal.

Kalian perlu curiga bila mereka memaksa untuk membayar utang hanya melalui metode pembayaran tertentu. Idealnya, kalian boleh memilih metode pembayaran utang sesuai keinginan. Di samping itu, jangan pernah lengah ketika memeriksa detail rincian utang.

6. Verifikasi Informasi Terlebih Dahulu

Terlepas dari cara DC menghubungimu, hal utama yang harus dilakukan yaitu bertanya beberapa hal pada mereka.

Tanyakanlah beberapa informasi terkait: 

BACA JUGA:Bagaimana Cara Menghadapi DC Pinjol? Terapkan 5 Langkah Efektif Ini Dijamin Ampuh

  • Perusahaan yang meminjamkan utang
  • Rincian besaran utangnya
  • Nama agen debt collector
  • Perusahaan tempat mereka bekerja
  • Tinjau terlebih dahulu informasi tersebut sebelum kalian merespon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: