10 Cara Mencegah Pinjol Sebar Data, Yuk Lindungi Data Anda Mulai Sekarang

10 Cara Mencegah Pinjol Sebar Data, Yuk Lindungi Data Anda Mulai Sekarang

pinjol sebar data--

5. Laporkan jika Ada Penyalahgunaan Data

Jika Anda menduga terjadi penyalahgunaan data pribadi oleh pinjaman online, segera laporkan kepada pihak berwajib, seperti OJK, kepolisian, atau lembaga perlindungan konsumen. Siapkan bukti-bukti yang mendukung, seperti tangkapan layar percakapan, pesan teks, atau email.

6. Manfaatkan Layanan Fintech yang Reputable

Selain pinjaman online, terdapat berbagai layanan fintech lain yang menawarkan solusi keuangan, seperti dompet digital, aplikasi pembayaran, dan platform investasi. Pilihlah layanan fintech yang reputable dan memiliki reputasi baik dalam menjaga keamanan data penggunanya.

7. Edukasi Diri dan Orang Terdekat

Meningkatkan literasi digital dan pengetahuan mengenai pinjol legal sangatlah penting. Bagikan informasi dan tips-tips ini kepada orang terdekat, seperti keluarga, teman, dan kolega, agar mereka juga terhindar dari penyalahgunaan data pribadi oleh oknum pinjol yang tidak bertanggung jawab.

8. Laporkan Pinjaman Online Ilegal ke OJK

Jika menemukan aplikasi pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK, segera laporkan ke OJK melalui website resmi atau aplikasi OJK. Melaporkan pinjaman online ilegal membantu OJK dalam menertibkan industri fintech dan melindungi masyarakat dari praktik penipuan dan penyalahgunaan data.

9. Jaga Keamanan Perangkat Elektronik

Pastikan perangkat elektronik Anda terlindungi dengan antivirus dan malware yang up-to-date. Hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya dan berhati-hatilah saat mengklik tautan yang mencurigakan.

10. Pantau Aktivitas Akun Secara Berkala

Periksa secara berkala aktivitas akun pinjaman online Anda. Pastikan tidak ada transaksi yang tidak Anda lakukan. Jika menemukan transaksi mencurigakan, segera laporkan kepada pihak pinjaman online dan ubah password akun Anda.

BACA JUGA:10 Tips Pinjol Data Busuk, Ketahui Sebelum Melakukan Pengajuan

Itulah beberapa tips untuk mencegah pinjol sebar data. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: