Anggota DPRD Respon Positif dan Dukung Program Sobat Ikan

Anggota DPRD Respon Positif dan Dukung Program Sobat Ikan

MENJELASKAN - Anggota DPRD Kabupaten Pemalang Daliwan menjelaskan soal dukungan terhadap program Sobat Ikan.Foto:Agus Pratikno/diswayjateng.disway.id --

DISWAYJATENG, PEMALANG - Program Sobat Ikan yang baru saja dilaunching oleh Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang mendapat respon positif dan dukungan dari Anggota DPRD Daliwan.

Dukungan itu disampaikan dengan tegas sangat setuju jika program Sobat Ikan itu harus dikembangkan di Kabupaten Pemalang. Karena dengan adanya program Sobat Ikan, pendapatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya pembudidaya ikan atau nelayan akan semakin meningkat.

BACA JUGA:Satlinmas Berperan Penting di Pilkada Kabupaten Tegal

Anggota DPRD Daliwan lebih lanjut mengatakan,                   untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para pembudidaya ikan atau nelayan. Dibutuhkan pelatihanpelatihan, sehingga mereka tidak hanya mendapatkan ikan segar saja. Tetapi harus bisa mengelola berbagai macam produk makanan. Maka mereka sangat perlu, adanya kegiatan-kegiatan pelatihan. Selain itu, perlunya advokasi, artinya pembudidaya ikan juga perlu produk. Untuk bisa memproduksi,  maka diperlukan perizinan dan lain-lainnya.

"Sehingga mereka akan mempunyai nama produk dari hasil pembudidaya ikan. Produk mereka juga agar tidak bisa ditiru atau dipalsu oleh pihak lain. Tidak hanya itu, dengan advokasi, ketika mereka menghadapi permasalahan-permasalahan akan ada pendamping untuk menyelesaikan masalah itu,"katanya.

BACA JUGA:Dinas Perkim Kabupaten Tegal Cari Referensi Penyerahan PSU

Di sisi lain, untuk dapat mengembangkan usahanya, pembudidaya ikan atau nelayan juga perlunya permodalan untuk pengembangan usahanya. Sehingga bagaimana menjembatani kepentingan antara pembudidaya ikan atau nelayan ini dengan pihak bank.

Harapannya, mereka dapat diberi kemudahan akses permodalannya. Hingga akhirnya mereka nanti dapat mengembangkan usahanya untuk meningkatkan taraf hidupnya.

"Jadi, ketika mereka sejahtera maka akan lebih bersemangat dalam melakukan pembudidaya ikan. Atau mereka akan meningkatkan produk-produk yang dihasilkan dari ikan,"ujarnya.

BACA JUGA:BPBD Kabupaten Tegal Lakukan Mitigasi Kurangi Risiko Bencana

Anggota DPRD Daliwan sendiri merespon baik dan sangat setuju terhadap program Sobat Ikan, namun demikian, pihaknya berharap program itu tidak hanya disatu wilayah atau desa saja, seperti yang dilakukan di Desa Mojo. Karena Kabupaten Pemalang mempunyai pantai yang sangat luas, sehingga perlu dikembangkan di daerah - daerah lain,  tidak hanya di Desa Mojo saja.

Program Sobat Ikan ini merupakan kegiatan yang sangat positif sehingga diharapkan bukan hanya seremonial saja, tapi harus terus ditingkatkan. Agar lebih dikenal di daerah lain dan kota lain. Bahkan hasil produksinya nanti agar bisa diekspor, tidak hanya di dalam negeri tapi hingga ke luar negeri.

BACA JUGA:Tilik Desa di Bogares Kidul Meriah, UMKM di Kabupaten Tegal Diminta Terus Berinovasi

"Termasuk melakukan kerjasama dengan daerah-daerah lain dalam pengembangan program tersebut. Seperti yang ada di daerah Kabupaten Sleman disana sudah berjalan dengan baik,"tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: