Pentingnya Privasi, Begini 7 Cara Menjaga Data Pribadi di Era Digital yang Wajib Dilindungi

Pentingnya Privasi, Begini 7 Cara Menjaga Data Pribadi di Era Digital yang Wajib Dilindungi

cara menjaga data pribadi di era digital --foto batu menyan

DISWAY JATENG - Di era yang serba digital seperti sekarang ini, keamanan data pribadi perlu dijaga baik-baik untuk menghindari terjadinya kebocoran data. Untuk menghindari hal tersebut perlu mengetahui cara menjaga data pribadi di era digital dengan baik. 

Disadari atau tidak, kebocoran data pribadi seringkali terjadi, dan banyak menimbulkan kerugian yang tidak terduga. Maka dari itu, kita perlu mengetahui cara menjaga data pribadi di era digital agar tetap aman dan terhindar dari kebocoran data.

Banyak cara menjaga data pribadi di era digital saat ini yang bisa kalian lakukan dengan mudah, dengan menerapkan berbagai cara tersebut tentunya akan terjaga keamanannya mengenai informasi data diri kalian. 

Dibawah ini Disway Jateng telah merangkum menurut Kemenkominfo dan Siberkreasi, ada beberapa cara menjaga data pribadi yang bisa dilakukan untuk menjaga data agar tetap aman di era digital saat ini. 

BACA JUGA:8 Cara Melindungi Data Pribadi di Internet, Jangan Sampai Disalahgunakan

 

1. Atur pengaturan privasi di akun sosial media yang kita gunakan untuk menentukan siapa saja yang bisa mengakses profil dan postingan kita.

2. Cara menjaga data pribadi di era digital saat ini dengan berhati-hati agar tidak membagikan informasi pribadi saat menggunakan koneksi publik sebab rawan peretasan.

3. Menggunakan kata sandi sosial media yang sulit dan menggantinya secara berkala.

4. Menggunakan kata sandi berbeda untuk tiap akun sosial media agar ketika salah satu akun diretas, akun yang lain tidak mudah diretas juga.

5. Memperhatikan alamat URL dari lampiran email dan situs yang dikunjungi supaya tidak memasuki situs palsu yang ingin mencuri data pribadi.

BACA JUGA:Cara Melindungi Data Pribadi dari Pinjol

6. Memerhatikan izin akses yang diminta aplikasi saat ingin menginstal aplikasi baru demi menghindari akses data yang tidak dibutuhkan dalam aplikasi tersebut.

7. Cara menjaga data pribadi di era digital berikutnya yaitu dengan tidak menampilkan informasi pribadi di media sosial untuk menghindari penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: