5 Aturan Terbaru DC Lapangan Pinjol, Penagih Bisa Dipidana Jika Melanggar Aturan ini

5 Aturan Terbaru DC Lapangan Pinjol, Penagih Bisa Dipidana Jika Melanggar Aturan ini

Aturan terbaru DC lapangan pinjol yang berlaku 2024--

2. Bunga dan Biaya Lainnya Turun

Suku bunga pinjaman online jika sudah diatur oleh OJK supaya tidak membebani nasabah. Aturan penurunan bunga pinjol sudah tercantum di Surat Edaran OJK 19/SEOJK.06/2023.

Pada aturan tersebut disebutkan bahwa suku bunga pinjol dibatasi mulai dari 0,1% sampai 0,3% per hari. Sedangkan suku bunga sebelumnya, kisaran 0,4% per hari.

3. Penagihan Utang Tidak Boleh Melalui Kontak Darurat

Kontak darurat saat ini dilarang untuk melakukan penagihan. Fungsi dari kontak darurat yakni untuk mengonfirmasi keberadaan nasabah apabila tidak bisa dihubungi.

4. Waktu Kedatangan DC Lapangan Pinjol

Aturan terbaru DC lapangan pinjol mengenai kedatangan atau kunjungan juga perlu diketahui. Penagihan utang yang dilakukan oleh DC pinjol hanya diperbolehkan maksimal sampai pukul 20.00 waktu setempat.

Tak hanya itu, saja penagihan yang dilakukan dengan kunjungan juga perlu memenuhi aturan. DC dilarang menagih dengan menggunakan ancaman, intimidasi, dan hal-hal yang merugikan nasabah.

5. Perusahaan Pinjol Wajib Memiliki Asuransi

Perusahaan pinjaman online atau P2P lending wajib memiliki fasilitan mitigasi risiko, termasuk bekerja sama dengan perusahaan asuransi. Hal tersebut perlu dilakukan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dari OJK. 

Itulah 5 aturan mengenai pinjol yang berlaku di tahun 2024. Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman penting mengetahui peraturan ini supaya tidak dirugikan oleh penyedia pinjol.

Demikian informasi mengenai aturan terbaru DC lapangan pinjol yang diterbitkan oleh OJK dan sudah berlaku di 2024. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: