Bagaimana Cara Menghadapi DC yang datang ke Rumah? Ikuti 4 Solusi Efektif Ini

Bagaimana Cara Menghadapi DC yang datang ke Rumah? Ikuti 4 Solusi Efektif Ini

cara menghadapi dc yang datang ke rumah --foto idx channel

DISWAY JATENG - Berikut ada beberapa cara menghadapi DC yang datang ke rumah. DC atau Debt Collector merupakan seseorang yang ditugaskan oleh lembaga keuangan atau Bank, unuk menagih utang yang belum dibayarkan. 

Namun, dengan persiapan yang tepat kalian dapat mengatasi hal tersebut dengan tenang. Jadi tidak perlu khawatir, sebab terdapat beberapa cara menghadapi DC yang datang ke rumah yang bisa kalian lakukan. 

Singkatnya, Debt Collector (DC) biasa bertugas mendatangi rumah nasabah yang galbay alias gagal bayar pinjaman, kedatangan penagih utang menjadi situasi yang menegangkan serta menakutkan. Karena itu, Cara menghadapi DC yang datang ke rumah bisa menjadi solusi efektif yang dapat dicoba. 

Supaya kalian tidak diteror dan diperlakukan kasar oleh Debt Collector atau penagih utang, berikut ada beberapa tips yang dapat kalian ikuti sebagai solusi cara menghadapi DC yang datang ke rumah. 

BACA JUGA:5 Tips Cerdas Hadapi DC Pinjol dengan Baik dan Benar, Dijamin Langsung Kapok

 

1. Laporkan Kepada Bank atau Lembaga 

Sejak beberapa tahun lalu, Pemerintah melalui BI sudah membuat beberapa aturan jelas mengenai tata cara penagihan yang boleh dilakukan oleh debt collector (DC). Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Penagihan hanya boleh dilakukan pukul 08.00 - 20.00 sesuai zona waktu debitur
  • Penagihan di luar alamat penagihan yang tertera hanya bisa dilakukan sesuai persetujuan debitur
  • Hanya boleh menagih pada pemegang kartu
  • Hanya boleh menagih di alamat penagihan yang tertera
  • Tidak diperkenankan untuk mengancam
  • Tidak diperkenankan menggunakan kekerasan verbal maupun fisik
  • Jika kalian menemukan perbuatan yang tidak sesuai, maka kalian berhak untuk melaporkannya ke pihak bank dan sertakan data dan kronologi dengan jelas. 

BACA JUGA:Cara Menghadapi DC Pinjol Agresif, Tetap Tenang Jangan Terbawa Emosi

2. Meminta Surat Tugas

Cara menghadapi DC yang datang ke rumah berikutnya yaitu dengan meminta surat tugas, kalian punya hak untuk meminta tunjukkan surat tugas. Surat ini biasanya menerangkan bahwa debt collector tersebut memang ditugaskan oleh pihak bank penerbit untuk menagih utang kepada kalian.

Surat tugas yang dimiliki debt collector biasanya juga menerangkan periode penagihan, jadi pastikan mereka datang di saat periode yang tertulis. Bila ternyata dia datang setelah batas periode yang ditentukan, kalian berhak menolak menemui mereka.

3. Hadapi dengan Sopan

Cara menghadapi debt collector (DC) yang datang ke rumah selanjutnya yaitu sambutlah mereka dengan sopan. Anggap saja kalian sedang menyambut seorang tamu yang datang ke rumah. Tetap sapa mereka dengan sopan tanpa harus merasa ketakutan terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: