7 Cara Ampuh Mengatasi Pinjol yang Berani Sebar Data agar Tidak Disalahgunakan

7 Cara Ampuh Mengatasi Pinjol yang Berani Sebar Data agar Tidak Disalahgunakan

cara mengatasi pinjol yang berani sebar data --foto kata data

Saat data pribadi disalahgunakan, korban bisa menghapus data dan cache aplikasi. Tujuannya agar kemungkinan virus malware yang sengaja dibuat pinjol ilegal untuk mencuri data bisa hilang dari gawai. Selain itu, nasabah juga harus memastikan bahwa perangkat lunak (software) pada ponsel yang digunakan selalu diperbarui (update). 

4. Melaporkan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Jika pinjol menyebarluaskan data pribadi nasabah, sebaiknya nasabah segera melaporkan kejadian tersebut ke OJK. Melaporkan ke OJK akan membantu menyelesaikan masalah dengan cepat.

Pihak berwenang tersebut yaitu pihak kepolisian setempat. Nasabah juga harus melampirkan berbagai bukti yang sah untuk memperkuat laporan sehingga kasus bisa segera ditangani.

BACA JUGA:Tak Usah Khawatir, Begini Cara Mengatasi Pinjol Sebar Data dengan Tepat

5. Buat kesepakatan

Saat korban belum bisa melunasi tunggakan, cobalah untuk mengajukan perjanjian. Perjanjian yang dimaksud yaitu tambahan waktu pembayaran atau keringanan dalam bentuk pelunasan dengan cara mencicil. 

Akan tetapi, debitur harus menetapi janji yang telah disepakati bersama. Tujuannya agar tidak menerima teror kembali yang tentu merugikan. 

7. Lapor konten ke Kominfo

Masyarakat yang menjumpai konten pinjol ilegal atau unggahan terkait data pribadi di media sosial dapat mengirim aduan ke email milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), yaitu [email protected]. Aduan tersebut nantinya akan ditindaklanjuti oleh Satgas PAKI, Google, dan Apple untuk dilakukan pemblokiran aplikasi. 

Dengan demikian beberapa informasi mengenai cara mengatasi pinjol yang berani sebar data yang dapat kalian lakukan untuk menghindari penyalahgunaan data yang merugikan diri kalian sendiri. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: