3 Cara Membersihkan Nama di BI Checking agar Skor Kredit Membaik

3 Cara Membersihkan Nama di BI Checking agar Skor Kredit Membaik

cara membersihkan nama di bi checking --foto youtobe

DISWAY JATENG - Berikut ada beberapa cara membersihkan nama di BI checking atau SLIK OJK untuk memudahkan dalam mengakses kredit. Dan penting untuk dibersihkan agar memudahkan pengajuan kembali, setelah skor kredit jelek

Jadi pastikan sebelum melakukan pengajuan pinjaman dana di suatu platform kalian sudah mengetahui skor kredit yang baik agar proses persetujuan berjalan dengan lancar. Karena itu, cara membersihkan nama di BI checking ini wajib kalian lakukan jika namanya berada di dalam daftar hitam atau sudah di blacklist. 

Ketika nama kalian tercantum dalam daftar hitam atau sudah di blacklist tentunya akan membuat khawatir jika melakukan pengajuan pinjaman kembali, sebab biasanya pihak penyedia akan mengeceknya. Karena itu, kalian bisa melakukan cara membersihkan nama di BI checking untuk memudahkan pengajuan kembali. 

Lantas, bagaimana cara membersihkan nama di BI checking? Berikut ada beberapa solusi cerdas yang bisa kalian terapkan untuk mendapatkan pinjaman sesuai kebutuhan. 

BACA JUGA:Cara Membersihkan BI checking atau SLIK OJK Agar Skor Kredit Membaik

Cara Membersihkan Nama di BI Checking

1. Ajukan Permohonan Surat Keterangan Pelunasan Pinjaman

Kalian bisa mendatangi Bank yang memberikan pinjaman, lalu tunjukkan bukti pembayaran. Pihak Bank bisa membantu kalian untuk mengeluarkan Surat Keterangan Pelunasan Pinjaman atau Surat Keterangan Lunas yang bisa dipakai untuk melapor kepada OJK agar data segera diperbarui.

Satu-satunya cara untuk dapat surat keterangan ini, tentunya dengan melunasi semuanya hingga tuntas. Setelah kalian membayar, status BI checking bisa diperbaiki dan kemudian kalian bisa mengajukan kembali pinjaman sesuai kebutuhan.

2. Pantau Status BI Checking Setiap Bulannya

Cara membersihkan nama di BI checking berikutnya yaitu dengan memantau status kolektibilitas kredit setiap bulannya. Jika setiap bulan berjalan, status kolektibilitas kredit belum berubah, maka tunggu saja sekitar sebulan untuk memantau laporan kredit lagi.

BACA JUGA:3 Cara Membersihkan BI Checking dengan Cepat agar Pengajuan Kembali Mudah di Acc

3. Lunasi Pinjaman yang Menunggak

Apakah jika terkena blacklist atau daftar hitam di BI checking bisa bersih kembali? Tentu saja bisa, kalian dapat memulainya dengan melunasi semua pinjaman beserta semua bunganya tanpa sisa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: