Apakah Pinjol Terdeteksi Bank? Berikut Ulasan Lengkapnya

Apakah Pinjol Terdeteksi Bank? Berikut Ulasan Lengkapnya

pinjol terdeteksi bank--

DISWAY JATENG - Zaman sekarang ketika sedang memiliki permasalahan keuangan maka akan mencari solusi dengan mengajukan pinjaman di layanan pinjaman online, tetapi apakah pinjol terdeteksi bank?

Pasalnya jika pinjol terdeteksi bank maka jika anda ingin melakukan pengajuan pinjaman dana bank tentunya akan rumit, terlebih lagi jika riwayat kredit anda buruk tentunya akan menjadikan proses pengajuan menjadi lebih lama.

Oleh sebab itu sebelum melakukan pengajuan pinjaman di lembaga keuangan anda perlu mencari tahu terlebih dahulu apakah pinjol terdeteksi bank atau tidak.

Nah berikut ini akan kami ulas secara lengkap mengenai pinjol terdeteksi bank atau tidak, yuk simak ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:7 Cara Ampuh Melunasi Utang Pinjol dengan Tuntas

Memahami BI Checking dan SLIK

Untuk menjawab pertanyaan ini, penting untuk memahami terlebih dahulu sistem BI Checking dan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). BI Checking merupakan sistem informasi yang dikelola oleh Bank Indonesia (BI) untuk menyimpan data historis kredit nasabah. Data ini mencakup informasi pinjaman, seperti jenis pinjaman, jumlah pinjaman, riwayat pembayaran, dan lainnya.

Sementara itu, SLIK adalah sistem informasi yang dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan tujuan yang sama, yaitu untuk menyimpan data historis kredit nasabah. Data di SLIK bersumber dari berbagai lembaga keuangan, termasuk bank, lembaga keuangan non-bank, dan perusahaan pembiayaan.

Apakah Pinjaman Online Terdaftar di BI Checking?

Secara umum, layanan pinjaman online legal yang terdaftar dan diawasi oleh OJK akan memasukkan data riwayat pinjaman nasabahnya ke dalam SLIK. Data ini kemudian dapat diakses oleh bank dan lembaga keuangan lainnya saat melakukan penilaian kredit untuk nasabah.

Artinya, riwayat pinjol terdeteksi bank jika Anda menggunakan pinjaman online legal dan memiliki catatan kredit yang baik.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua pinjaman online legal terdaftar di SLIK. Beberapa pinjaman online mungkin hanya melaporkan data pinjaman tertentu atau tidak sama sekali.

Dampak Riwayat Pinjaman Online pada Pengajuan Kredit di Bank

Riwayat pinjaman online Anda di BI Checking atau SLIK dapat memengaruhi penilaian kredit Anda di bank. Jika Anda memiliki riwayat kredit yang baik, dengan selalu membayar tagihan tepat waktu dan tidak memiliki tunggakan, maka peluang Anda untuk mendapatkan kredit di bank akan lebih besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: