7 Cara Ampuh Melunasi Utang Pinjol dengan Tuntas

7 Cara Ampuh Melunasi Utang Pinjol dengan Tuntas

melunasi utang pinjol--

DISWAY JATENG - Terlilit utang tentunya suatu hal yang sangat menakutkan, lalu bagaimanakah cara melunasi utang pinjol dengan tepat?

Layanan pinjaman online merupakan pilihan yang tepat untuk menjadi solusi permasalahan finansial, namun jika anda tidak bijak dalam menggunakannya maka bisa saja anda terjebak dalam tumpukan utang. Jika hal tersebut terjadi maka anda perlu melunasi utang pinjol dengan benar.

Pasalnya terdapat beberapa cara melunasi utang pinjol yang dapat anda lakukan, tips tersebut tentunya sangat efektif jika dilakukan dengan benar.

Nah berikut ini akan kami beritahu berbagai cara melunasi utang pinjol dengan tepat, yuk simak uraiannya dibawah ini.

BACA JUGA:10 Tips Pinjol Data Busuk, Ketahui Sebelum Melakukan Pengajuan

 

1. Hitung Utang Anda

Langkah pertama adalah dengan mengetahui dengan pasti berapa total utang pinjaman online yang Anda miliki. Catat semua pinjaman dari platform pinjaman online yang berbeda, termasuk jumlah pinjaman, bunga, dan tanggal jatuh tempo. Hal ini penting untuk membuat gambaran utang Anda secara menyeluruh.

2. Buatlah Anggaran Keuangan

Membuat anggaran keuangan adalah kunci untuk keluar dari jeratan utang. Catat semua pemasukan dan pengeluaran Anda secara detail. Pisahkan antara kebutuhan pokok dan keinginan. Kurangi pengeluaran yang tidak penting dan alokasikan dana khusus untuk pembayaran utang.

3. Prioritaskan Utang Anda

Ada dua metode umum untuk memprioritaskan utang:

• Metode Snowball: Lunasi utang terkecil terlebih dahulu, meskipun bunganya tinggi. Hal ini memberikan dorongan semangat karena Anda dapat melihat kemajuan lebih cepat.

• Metode Avalanche: Lunasi utang dengan bunga tertinggi terlebih dahulu untuk meminimalkan total bunga yang dibayarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: