Ribuan Petugas Pantarlih Kabupaten Pemalang Resmi Dilantik

Ribuan Petugas Pantarlih Kabupaten Pemalang Resmi Dilantik

PELANTIKAN - Setelah resmi dilantik Pantarlih di desa dan kelurahan langsung untuk mengikuti bimtek.Foto: Agus Pratikno/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Sebanyak 4.316 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kabupaten Pemalang, secara rentak dilantik. Acara pelantikan berlangsung  di 223 balai desa/kelurahan yang tersebar di seluruh Kabupaten Pemalang

Ketua KPU Kabupaten Pemalang Agus Setiyanto mengatakan, pelantikan dilakukan secara serentak pukul 09.00 pagi di masing-masing desa dan kelurahan. Adapun jumlah ada sebanyak 4.316 petugas yang tersebar di seluruh desa dan kelurahan yang di seluruh Kabupaten Pemalang. 

"Untuk pengambilan sumpah Pantarlih dilakukan oleh ketua panitia pemungutan suara atau PPS di masing-masing desa dan kelurahan," katanya.

BACA JUGA:Jalan Tuwel-Guci Kabupaten Tegal Mulai Diperbaiki

Setelah pelantikan, ribuan Pantarlih tersebut untuk mengikuti bimbingan teknis (bimtek) pencocokan dan penelitian data pemilih (coklit). Adapun materi bimtek, antara lain  bagaimana mencoklit pemilih dan melaporkannya melalui buku kerja Pantarlih secara berkala serta penggunaan aplikasi e-coklit.

Materi Bimtek coklit  disampaikan oleh PPS dan sebelumnya PPS sendiri sudah dibimtek oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). 

BACA JUGA:Bersih-bersih Pantai Purwahamba Indah Kabupaten Tegal

"Dimana PPK ini, merupakan penyelenggara Pemilu/Pilkada di tingkat kecamatan,"ujarnya.

Setelah pelantikan dan Bimtek, ribuan Pantarlih kemudian menggelar apel. Setelah itu  sorenya diintruksikan secara serentak mencoklit tokoh-tokoh masyarakat. Coklit akan berlangsung selama satu bulan dan Pantarlih akan bekerja mulai 24 Juni sampai 24 Juli 2024. Hasil kerja coklit ini nantinya akan diolah menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan selanjutnya menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pilkada Serentak 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: