9 Cara Ampuh Melunasi Utang Pinjol dengan Cepat, Solusi Bebas dari Lilitan Utang

9 Cara Ampuh Melunasi Utang Pinjol dengan Cepat, Solusi Bebas dari Lilitan Utang

cara melunasi utang pinjol dengan cepat--foto gaji gesa

Mulailah dengan membuat catatan keuangan yang rapi, terutama jika kalian belum memilikinya. Catat dengan detail berapa pendapatan dan pengeluaran rutin dalam periode tertentu. Dengan cara ini, kalian bisa menilai apakah pendapatan dan pengeluaran kalian seimbang atau tidak. Jika tidak, kalian bisa mengidentifikasi di mana letak kesalahannya.

BACA JUGA:6 Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol Tanpa Pinjam ke Teman atau Kerabat

5. Jalani Hidup Hemat

Menjalani gaya hidup hemat bisa menjadi strategi untuk melunasi utang pinjol. Dengan hidup hemat, kalian bisa mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Tentu saja, tidak semua pengeluaran bisa dikurangi. Karena itu, perlu membuat strategi yang sesuai dengan kondisi keuangan kalian.

6. Take Over Kredit

Take over kredit berarti menjual kembali barang tersebut, meskipun masih dalam proses cicilan. Dengan cara ini, kalian dapat menghilangkan utang dan memiliki kesempatan untuk mendapatkan uang tambahan dari penjualan tersebut.

7. Minta Permohonan Pembayaran dengan Bunga Rendah

Kalian bisa mencoba untuk membayar utang pinjol dengan tingkat bunga rendah melalui dua opsi, yakni bernegosiasi dengan pihak yang memberi pinjaman atau menggunakan sistem pembayaran otomatis melalui kartu kredit.

Beberapa pemberi pinjaman menyediakan opsi untuk mengetahui cara melunasi utang pinjol dengan cepat dengan biaya tambahan yang lebih rendah. Jika opsi tersebut sesuai dengan situasi keuangan kalian, pertimbangkan untuk memanfaatkannya.

BACA JUGA:6 Tips Jitu Melunasi Utang Pinjol agar Tidak Menumpuk, Terbukti Aman dan Efektif

8. Cari Pekerjaan Sampingan

Cara melunasi utang pinjol dengan cepat berikutnya yaitu dengan mendapatkan penghasilan tambahan bisa meningkatkan kemampuan untuk membayar utang. Dengan pendapatan ekstra, utang bisa dilunasi lebih cepat. Jika pendapatan dari pekerjaan utama tidak mencukupi, pertimbangkan untuk mencari pekerjaan tambahan.

9. Jual Aset Bila Perlu

Hal ini merupakan cara pintas untuk mendapatkan uang dengan cepat. Meskipun demikian, kalian harus pikirkan dengan baik apakah hal tersebut sebanding atau tidak.

Ada baiknya sebelum melakukan penjualan aset, perlu memikirkan nilainya terlebih dahulu. Di samping itu, pastikan aset yang dipilih juga dapat terjual cepat agar kalian bisa segera melunasi utang pinjol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: