8 Tips Menghemat Baterai Hp Android

8 Tips Menghemat Baterai Hp Android

Cara agar baterai hp awet-CNBC Indonesia-

DISWAYJATENG - Bagi kamu yang menggunakan HP Android, pasti pernah mengalami masa-masa di mana baterai HP cepat habis, kan? Rasanya bikin kepikiran terus. Kita bakal memberikan tips menghemat baterai HP Android kamu agar tidak boros.

Saat sedang dalam perjalanan atau aktivitas penting, baterai lowbat bisa jadi masalah besar. Dengan tips menghemat baterai HP Android ini, aktivitas kamu tidak akan terganggu lagi.

Ada banyak faktor yang menyebabkan baterai cepat habis, kamu bisa mengatasinya dengan tips menghemat baterai HP Android ini, seperti menurunkan pencahayaan pada HP Android kamu.

Kali ini kita akan membagikan tips menghemat baterai HP Android yang ampuh untuk menghemat baterai HP Android agar awet menemani sepanjang hari. Simak baik-baik, ya.

BACA JUGA:9 Tips Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi Agar Tidak Terganggu

Tips Menghemat Baterai HP Android

1. Aktifkan Mode Hemat Baterai

Tips menghemat baterai HP Android yang pertama sebenarnya mudah, karena fiturnya sudah tersedia di dalam ponsel. Kamu bisa mengaktifkan mode hemat baterai atau biasa disebut "Power Saving Mode". Hampir semua HP Android saat ini sudah dilengkapi mode tersebut untuk memperpanjang waktu pemakaian.

Cara mengaktifkannya pun gampang, kamu tinggal masuk ke menu "Pengaturan" > cari opsi "Power Saving" atau "Saving Mode" > lalu tekan tombol toggle ke posisi "ON". Dengan menggunakan mode ini, jaringan data pada ponsel akan dibatasi, proses sinkronisasi aplikasi dikurangi, layanan lokasi dimatikan, dan refresh rate layar akan diturunkan. Otomatis, baterai jadi lebih irit.

BACA JUGA:Bingung Mencari HP untuk Bisnis? 10 Tips Memilih HP untuk Jualan Online ini Bakal Membantu Kamu

2. Kurangi Kecerahan Layar

Tips menghemat baterai HP Android lainnya adalah dengan mengurangi tingkat kecerahan atau cahaya pada layar. Kebanyakan HP saat ini sudah memiliki layar yang cukup terang, jadi sebenarnya tidak perlu menambah lagi kecerahannya.

Caranya, masuk ke menu "Pengaturan" > "Display" > turunkan level brightness layar sesuai keinginan. Jangan lupa juga untuk mematikan mode auto-brightness agar pengaturan kecerahan layar tetap konsisten. Semakin redup cahaya layar, semakin irit baterai yang digunakan.

3. Matikan Layanan Lokasi

Tips menghemat baterai HP Android berikutnya yang paling mudah adalah dengan mematikan fungsi lokasi atau GPS pada ponsel. Kamu juga perlu membatasi atau mencabut izin sejumlah aplikasi yang meminta akses lokasi secara terus-menerus. Hal ini penting untuk membatasi aplikasi menggunakan fitur tersebut agar baterai lebih awet.

Caranya, buka menu "Pengaturan" > "Lokasi" > "Izin Aplikasi". Di sini, kamu bisa melihat daftar aplikasi yang sudah diizinkan mengakses data lokasi. Setelah itu, kamu bisa mengubah pengaturan dengan memilih opsi "Izinkan hanya saat digunakan" atau bahkan "Tidak diizinkan" untuk aplikasi yang tidak terlalu penting.

BACA JUGA:Ini Dia 6 Tips Mengatasi Lupa Password HP Semua Merek yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

4. Gunakan Mode Gelap

Apakah ponsel pintar kamu sudah menggunakan layar AMOLED? Jika iya, ada cara khusus untuk menghemat baterai, yaitu dengan menggunakan mode gelap atau dark mode. Karena layar AMOLED dapat mengaktifkan piksel individual, latar belakang berwarna hitam pekat pada mode gelap akan mengonsumsi lebih sedikit daya baterai.

Kamu juga bisa mengaktifkan mode gelap pada beberapa aplikasi populer seperti YouTube, WhatsApp, Twitter, dan Gmail yang sudah menyediakan fitur tersebut. Selain menghemat baterai, tampilan mode gelap juga lebih nyaman untuk mata saat digunakan dalam kondisi gelap.

5. Batasi Notifikasi

Terkadang, ponsel kamu mungkin terlihat sangat sibuk dengan banyaknya notifikasi yang bermunculan di layar. Mulai dari aplikasi chatting, media sosial, hingga game. Padahal, kamu mungkin tidak terlalu butuh informasi notifikasi dari beberapa aplikasi tersebut. Nah, banyaknya notifikasi yang muncul ini ternyata juga bisa membuat daya baterai lebih cepat berkurang, lho.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu membatasi notifikasi yang diterima dari aplikasi yang dirasa kurang penting. Caranya, masuk ke menu "Pengaturan" > "Aplikasi" > pilih aplikasi yang ingin diatur > nonaktifkan opsi "Izinkan Notifikasi". Dengan begitu, ponsel kamu tidak akan terlalu sibuk memproses notifikasi yang tidak diperlukan.

6. Gunakan Mode Pesawat

Kapan terakhir kali kamu menggunakan mode pesawat atau airplane mode pada HP? Biasanya, mode ini digunakan saat akan lepas landas, dalam penerbangan, dan juga ketika pesawat mendarat. Tetapi, beberapa orang juga menggunakannya saat tidur malam. Tahukah kamu kalau mode pesawat ternyata bisa menjadi cara menghemat baterai HP Android?

Apalagi ketika sinyal jaringan yang diterima ponsel sedang rendah atau tidak bagus. Saat kondisi seperti itu, ponsel secara otomatis akan terus-menerus mencari sinyal jaringan yang kuat. Hal inilah yang membebani baterai. Nah, jika kamu menggunakan mode pesawat, pastinya ponsel tidak akan mencari sinyal sehingga baterai lebih irit.

7. Atur Tampilan Layar Kunci

Cara menghemat baterai HP Android selanjutnya juga mudah, kamu hanya perlu mengatur tampilan layar kunci atau lock screen. Kamu bisa mengatur agar informasi dasar seperti waktu dan tanggal saja yang muncul ketika layar mati atau terkunci. Fitur ini berfungsi untuk memakai energi baterai seminim mungkin.

8. Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis

Biasanya, kamu membuat pengaturan agar beberapa aplikasi seperti email, media sosial, dan editing foto dapat melakukan sinkronisasi data secara otomatis. Namun, perlu kamu pahami bahwa setelan ini justru akan membuat baterai ponsel kamu lebih cepat habis.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu menonaktifkan fitur sinkronisasi otomatis pada aplikasi yang tidak terlalu penting. Kamu bisa melakukan sinkronisasi data secara manual, yaitu saat kamu membuka dan menggunakan aplikasi tersebut saja.

Itu dia delapan tips menghemat baterai HP Android yang bisa kamu terapkan untuk menghemat baterai HP Android agar awet menemani sepanjang hari. Meski terdengar sederhana, namun jika dirutinkan, trik-trik tersebut terbukti efektif untuk memaksimalkan daya tahan baterai ponsel. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: