5 Cara Membedakan iPhone iBox dan Inter

5 Cara Membedakan iPhone iBox dan Inter

Cara membedakan iPhone iBox dan inter-Telisik-

DISWAYJATENG - Apakah sedang atau ingin membeli iPhone baru? Tentunya kamu tidak ingin tertipu kan dengan membeli produk non-resmi alias iPhone black market atau BM? Tentunya kamu harus tahu bagaimana cara membedakan iPhone iBox dan inter.

Buat kamu yang belum tahu apa itu iPhone inter? iPhone inter adalah iPhone dari luar negeri yang tidak jelas asal usulnya, jadi bisa saja iPhone inter ini tidak bisa digunakan dengan normal karena imei-nya tidak terdaftar. Lalu bagaiaman cara membedakan iPhone iBox dan inter?

Memang harga iPhone inter ini terbilang lebih murah dari harga resmi di iBox. Namun, banyak sekali resiko yang berpotensi merugikan kamu. Bagi kamu yang ingin membeli iPhone, cara membedakan iPhone iBox dan inter ini pastinya sangat penting.

Agar kamu tidak kecolongan, simak dulu cara membedakan iPhone iBox dan inter berikut ini untuk membedakan iPhone resmi dan non-resmi ya.

BACA JUGA:9 Tips Menghilangkan Iklan di HP Xiaomi Agar Tidak Terganggu

Cara Membedakan iPhone iBox Dan Inter

1. Periksa Logo dan Label Importir

Cara membedakan iPhone iBox dan inter pertama yang bisa kamu lihat adalah logo dan label importir di bagian belakang kotak iPhone. Untuk iPhone resmi yang didistribusikan oleh iBox, biasanya tercantum label "Diimport oleh PT Erajaya Swasembada Tbk".  Sedangkan iPhone non-resmi dari jalur selundupan, bisa jadi label importirnya adalah "Diimport oleh PT Mapple Mitra Adiperkasa" atau nama importir lain.

BACA JUGA:Ini Dia 6 Tips Mengatasi Lupa Password HP Semua Merek yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

2. Cek Kode Negara Asal

Masih di bagian belakang kotak, kamu juga bisa melihat kode negara asal iPhone tersebut dikirimkan. iPhone resmi iBox biasanya menggunakan kode PA/A (Singapura), FE/A (Uni Emirat Arab), atau ID/A (Indonesia). Jika kodenya berbeda, seperti NR/A (Belanda), BN/A (Brunei), atau lainnya, besar kemungkinan itu iPhone BM non-resmi.

3. Lihat Nomor Model di Pengaturan

Cara membedakan iPhone iBox dan inter adalah dengan melihat nomor model di menu Pengaturan - Umum - Nomor Model. iPhone resmi akan menampilkan nomor model seperti PA/A, ID/A, atau FE/A sesuai dengan negara asalnya. Kalau nomor modelnya beda, misal A1633 atau A2172, berarti non-resmi.

BACA JUGA:Bingung Mencari HP untuk Bisnis? 10 Tips Memilih HP untuk Jualan Online ini Bakal Membantu Kamu

4. Perhatikan Harganya

Meskipun harga iPhone terus naik, tapi pasti ada perbedaan yang cukup mencolok antara harga iPhone resmi dengan iPhone BM. Jadi kalau kamu ditawari iPhone terbaru dengan harga yang terlalu murah, waspadalah karena bisa jadi itu produk non-resmi.

5. Cek dengan Aplikasi Duperansi 

Cara membedakan iPhone iBox dan inter yang terakhir menggunakan Aplikasi. Ada juga aplikasi bernama Duperansi yang bisa membantu kamu mengecek keaslian iPhone. Cukup scan nomor IMEI dan seri produknya, lalu aplikasi ini akan memberikan laporan apakah itu iPhone resmi atau non-resmi.

Sebetulnya bukan masalah besar kalau kamu membeli iPhone non-resmi, asalkan kualitasnya tetap bagus. Namun tetap saja, ada beberapa risiko yang perlu diwaspadai seperti tidak mendapat garansi resmi, kinerja lebih berat, atau bahkan nomor IMEI yang diblokir operator.

Kalau nomor IMEI terblokir, artinya iPhone tersebut dirilis untuk negara lain dan digunakan di negara kita secara ilegal. Akibatnya, kamu hanya bisa menggunakan iPhone itu untuk sambungan internet WiFi saja, tidak bisa untuk telpon atau data seluler.

Itu dia cara membedakan iPhone iBox dan inter yang harus kamu ketahui saat akan membeli iPhone. Penting untuk kamu mewaspadai ciri-ciri iPhone non-resmi sebelum membelinya. Dengan begitu, kamu tidak akan tertipu dan mendapatkan produk iPhone berkualitas, aman, dan bergaransi resmi. Semoga tips di atas bisa membantu ya(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: