Ragam Kuliner Unik Khas Purwokerto Paling Populer, Menggugah Selera!

Ragam Kuliner Unik Khas Purwokerto Paling Populer, Menggugah Selera!

Ragam kuliner unik khas Purwokerto paling populer-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Purwokerto adalah ibu kota dari Kabupaten Banyumas yang memiliki ragam kuliner yang unik, menarik dan legendaris. Ragam kuliner unik khas Purwokerto paling populer, Sroto Sokaraja memiliki beragam makanan khas yang unik bentuk dan rasanya. 

Kota Purwokerto yang memiliki ciri khas daerah yang terkenal dengan aksen ngapaknya ini juga punya kuliner khas yang patut dicoba. Ragam kuliner unik khas Purwokerto paling populer bisa ditemui dengan mudah di tiap sudut kota. Makanan khas Purwokerto ini sudah menjadi identitas bagi kota Purwokerto itu sendiri.

Setiap daerah yang ada di Indonesia ini, pastinya memiliki makanan khasnya masing-masing, salah satu daerahnya adalah Purwokerto atau lebih dikenal dengan nama makanan khas Purwokerto. Bahkan, ragam kuliner unik khas Purwokerto paling populer ada juga yang bisa dibuat di rumah untuk camilan atau untuk makanan utama.

Sejumlah ragam kuliner unik khas Purwokerto paling populer sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia. Makanan khas Purwokerto Banyumas ini punya ragam jenis, mulai dari  makanan manis, gurih, hingga camilan ringan.

Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:Tidak Usah Jauh-jauh Pergi Ke Luar Negeri, Berikut Kafe Ala Eropa di Purwokerto dengan Menu Hidangan yang Enak

 

1. Sroto Sokaraja

Di Purwokerto, hidangan soto disebut dengan sroto yang populer di daerah Sokaraja. Hanya saja, yang membedakan sroto Sokaraja ini dari hidangan soto di daerah lainnya adalah penggunaan ketupat sebagai pengganti nasi. Selain ketupat, ada tauge, sohun, kuah kaldu, serta irisan daging ayam ataupun sapi pada semangkuk sroto Sokaraja.

Kuah pada makanan berat khas Purwokerto ini terbilang unik karena ada tambahan kacang di dalamnya. Sebagai pelengkap, ada kerupuk yang biasanya dicampurkan ke dalam kuah kaldu sroto Sokaraja untuk disantap. 

2. Getuk Goreng

Getuk merupakan penganan berupa kue basah. Namun, Anda bisa menemukan penganan ini yang hadir dalam wujud getuk goreng di Purwokerto. Penganan yang satu ini sekarang menjadi makanan kering khas Purwokerto.

Seperti getuk pada umumnya, makanan ini dibuat dari bahan singkong yang dicampurkan dengan gula aren. Teksturnya sendiri renyah di bagian luar dan lumer dengan isian saat digigit. Saat ini, getuk goreng juga tersedia dalam berbagai varian isian lain selain gula aren seperti durian dan cokelat.

BACA JUGA:10 Kafe Hits di Purwokerto, Jangan Ngaku Anak Kopi Kalau Belum Kunjungi Tempat Ini

3. Kluban Purwokerto

Makanan khas Purwokerto yang satu ini memiliki tampilan serupa dengan salad. Kluban Purwokerto ini dibuat dari beragam jenis sayuran seperti bayam, kacang panjang, tauge, daun singkong, dan kangkung.

Hal yang membedakannya dari salad adalah karena kluban Purwokerto ini dimasak dengan cara direbus lalu dicampur bersama bumbu sambal serta parutan kelapa. Kluban Purwokerto ini dapat dimakan dimakan langsung atau bersama nasi sebagai lauk.

4. Lumpia Boom

Tidak hanya Semarang, Purwokerto juga memiliki makanan khas berupa lumpia yang disebut sebagai lumpia boom. Yang berbeda dari lumpia khas Purwokerto ini adalah ukurannya yang besar, mulai dari 15-25 cm.

Selain bisa dijadikan makanan ringan khas Purwokerto, lumpia boom ini bisa dijadikan lauk untuk disantap bersama nasi lengkap dengan sambalnya. Selain diisi dengan beragam sayuran dan telur, lumpia boom punya aneka pilihan rasa menarik seperti daging sapi, bakso, sosis, nugget, jamur, seafood, keju, serta daging ayam.

5. Kraca

Kraca merupakan makanan khas Purwokerto yang dibuat dari rempah-rempah dan siput laut. Pada umumnya, kraca ini disajikan dengan kuah pedas. Kraca ini biasanya dimasak dalam kurun waktu 4-5 jam hingga matang.

Selain pedas, kraca ini punya cita rasa gurih dan nikmat ketika disantap. Kraca bisa Anda dapatkan di penjual pinggir jalan Purwokerto yang umumnya muncul saat menjelang malam hari.

6. Mino

Rekomendasi oleh-oleh khas Purwokerto lainnya yang harus kamu coba adalah Mino. Makanan ini merupakan camilan manis yang terbuat dari ketan yang dimasak dengan gula merah hingga mengental, kemudian dibentuk menjadi bulatan kecil.

Setiap gigitan Mino akan memberikan rasa manis dan kenyal yang memanjakan lidahmu. Kombinasi antara ketan dan gula merah menciptakan harmoni rasa yang tak terlupakan.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Tempat Wisata di Purwokerto yang Hits, Banyak Spot Foto Instagramable!

7. Cimplung

Makanan khas Jawa Tengah tak jauh dari rasa manis. Begitu juga pada cimplung. Makanan khas ini adalah singkong dengan campuran kelapa dan gula aren untuk pemanisnya. Cukup lezat untuk disantap saat sore hari sebagai camilan.

8. Ciwel

Makanan tradisional Purwokerto yang satu ini terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan gula merah. Kemudian, adonan ini dipotong menjadi potongan kecil dan disajikan dengan serutan kelapa. Ciwel memiliki cita rasa manis yang khas dengan sentuhan gurih dari kelapa parut yang menjadi pelengkapnya. Texturnya yang kenyal membuatnya menjadi camilan yang sulit untuk diabaikan.

Demikian ulasan Ragam Kuliner unik Khas Purwokerto paling populer, Yang menggugah selera. Jika kalian berkunjung ke Purwokerto jangan lupa untuk mencicipi kuliner - kuliner khasnya ya. Semoga bermanfaat.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: