DPRD Minta Penyerapan APBD Kabupaten Tegal Dimaksimalkan

DPRD Minta Penyerapan APBD Kabupaten Tegal Dimaksimalkan

MENYERAHKAN - Ketua Fraksi P3 Nurani Rakyat DPRD Kabupaten Tegal Naufal Sholeh menyerahkan berkas pandangan umum fraksi.Foto:Yeri Noveli/hateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Fraksi P3 Nurani Rakyat DPRD Kabupaten Tegal meminta agar penyerapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dimaksimalkan. Pernyataan itu tertuang saat Ketua Fraksi P3 Nurani Rakyat, Naufal Sholeh membacakan pandangan umum Fraksi dalam Rapat Paripurna yang membahas Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Tegal Tahun Anggaran 2023.

Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal dari Fraksi PDI Perjuangan Sugono. Hadir dalam rapat tersebut seluruh anggota DPRD dan sejumlah kepala OPD Kabupaten Tegal.

BACA JUGA:2 Pengembang di Kabupaten Tegal segera Serahkan PSU

Saat membacakan pndangan umum fraksi, Naufal Sholeh mengucapkan selamat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal yang telah berhasil mempertahankan prestasinya selama 8 periode mendapatkan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK.

Namun demikian, kali ini Fraksi P3 Nurani Rakyat memberikan cacatan tegas. Pertama, pengoptimalan penggunaan atau penyerapan anggaran.

"Kita mesti fokus dengan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah). Apa yang menjadi prioritas pembangunan daerah, fokus dengan apa yang menjadi kebutuhan dasar seperti pendidikan dan kesehatan," kata Naufal.

BACA JUGA:Pedagang Pasar Pesayangan Kabupaten Tegal Antusias Ikuti Sidang Tera

Selain itu, Fraksi gabungan dari Partai Persatuan Pembangunan (P3) dan Hati Nurani Rakyat (Hanura) meminta agar Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal fokus terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Jadi penggunaan anggaran relevan dengan pendapatanya," ucapnya.

Dirinya tak menampik, kepemimpinan di Kabupaten Tegal saat ini sedang dalam masa transisi. Dari bupati sebelumnya ke Penjabat (Pj) bupati yang sekarang.

"Walau demikian, kami minta di tahun ini untuk lebih memaksimalkan anggaran yang merata dan berkeadilan," tandasnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: