7 Cara Mengatur Gaji Bulanan

7 Cara Mengatur Gaji Bulanan

cara mengatur gaji bulanan--

DISWAY JATENG- Bekerja sudah lama namun tidak memiliki tabungan? Jika anda merasa seperti itu, maka anda wajib membaca artikel dibawah ini karena akan membahas cara mengatur gaji bulanan dengan benar.

Cara mengatur gaji bulanan memang terkesan mudah tetapi faktanya masih banyak yang kesulitan melakukannya, hal ini menyebabkan seseorang bekerja sudah lama namun tidak memiliki tabungan.

Oleh karena itu anda perlu mengetahui cara mengatur gaji bulanan dengan benar, supaya keuangan di masa depan menjadi lebih baik.

Tidak perlu berlama-lama berikut ini akan kami ulas secara lengkap tentang cara mengatur gaji bulanan dengan tepat dan benar, simak terus ulasannya dibawah ini.

BACA JUGA:10 Cara Mengatur Keuangan dengan Benar, Hidup Tenang Tanpa Adanya Utang

Cara Mengatur Gaji Bulanan :

1. Catat Semua Pengeluaran

Cara mengatur gaji bulanan yang dapat anda lakukan yakni dengan mencatat semua pengeluaran anda, sekecil apapun itu. Gunakan aplikasi pencatat keuangan atau buku catatan untuk melacak setiap rupiah yang keluar. Hal ini membantumu memahami kemana perginya uangmu dan mengidentifikasi potensi pengeluaran yang tidak perlu.

2. Buat Anggaran Bulanan

Setelah mencatat pengeluaran, susunlah anggaran bulanan yang realistis. Alokasikan uang gajian anda untuk kebutuhan pokok seperti sewa tempat tinggal, tagihan, makanan, dan transportasi. Sisihkan pula dana untuk tabungan, investasi, dan hiburan. Gunakan pedoman 50/30/20 sebagai panduan awal:

20%: Tabungan dan investasi

 

30%: Gaya hidup (hiburan, makan di luar, dll.)

50%: Kebutuhan pokok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: