Begini 4 Tips Menggunakan Pinjol dengan Aman dan Bijak yang Perlu Kamu Ketahui

Begini 4 Tips Menggunakan Pinjol dengan Aman dan Bijak yang Perlu Kamu Ketahui

tips menggunakan pinjol dengan aman--foto palembang ekspres

DISWAY JATENG - Tips menggunakan pinjol dengan aman menjadi bagian terpenting dari proses pinjam meminjam. Layanan pinjaman online telah berkembang pesat di tengah masyarakat yang membantu untuk mencairkan dana darurat. 

Namun, masih banyak masyarakat yang belum memahami tips menggunakan pinjol dengan aman, sehingga rentan terhadap jebakan bunga tinggi hingga terjadi risiko kerugian dengan praktik penagihan yang kasar oleh pinjol yang ilegal. 

Meski ada banyak pemberitaan kurang baik tentang risiko menggunakan pinjol. Faktanya tips menggunakan pinjol dengan aman banyak dicari oleh masyarakat, asalkan bijak dalam penggunaanya, pinjol tidak akan menjadi momok menakutkan, justru bisa sangat membantu dalam hal keuangan.

Karena itu, sangat dianjurkan bagi masyarakat untuk mengetahui tips menggunakan pinjol dengan aman dan bijak untuk bisa kalian coba dan lakukan. 

BACA JUGA:7 Tips Aman Menggunakan Pinjol yang Jarang Diketahui

 

1. Pastikan Menggunakan Platform Pinjol Terpercaya

Tips menggunakan pinjol dengan aman pastikan aplikasi yang digunakan memiliki izin resmi dan diawasi OJK. Sebaiknya pilih aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan besar dan memiliki ulasan positif dari banyak nasabah.

Selain itu, perhatikan juga besaran suku bunga yang dimiliki oleh platform pinjol yang ingin digunakan. Ada baiknya untuk membandingan besaran bunga antara satu aplikasi dengan aplikasi lain. Dengan begitu, kalian bisa  memilih aplikasi pinjol dengan bunga cicilan paling rendah.

2. Pinjamlah Sesuai dengan Kemampuan Membayar

Tak kalah penting, kalian harus tahu batas kemampuanmu dalam membayar cicilan pinjol. Setiap platform pinjol memiliki syarat dan ketentuannya sendiri. Hal ini termasuk dalam tenor pembayaran dan besaran suku bunga. Untuk itu, coba kalian hitung besaran cicilan beserta bunga sesuai dengan nominal yang dipinjam.

Pastikan untuk meminjam uang dengan jumlah dan jangka waktu pengembalian yang sekiranya bisa kalian lunasi tanpa memberatkan di setiap bulan. Dengan begitu, kalian bisa merasakan manfaat pinjol dengan sebaik mungkin.

3. Pahami Tujuan Berutang

Satu hal yang mesti kalian tanyakan pada dirimu sendiri yaitu kenapa harus berhutang. Apa yang menjadi alasan kalian harus menggunakan pinjol? Jika uang tersebut sangat kalian perlukan dan mendesak, boleh saja menggunakan pinjol. Namun, jika kalian masih memiliki dana darurat, sebaiknya urungkan dulu niat untuk menggunakan pinjol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: