Makanan Khas Kudus yang Paling Populer

Makanan Khas Kudus yang Paling Populer

Makanan khas Kudus yang paling populer -Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Kudus adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Ada banyak makanan khas Kudus yang paling populer yang bisa kamu cicipi saat mengunjungi daerah yang disebut sebagai Kota Wali ini. Kudus, kota yang tidak hanya dikenal sebagai pusat industri rokok, tetapi juga sebagai surga kuliner yang memikat lidah.

Tersembunyi di balik kemegahan sejarahnya, Kudus menawarkan pengalaman makanan khas Kudus yang paling populer yang tak terlupakan melalui ragam hidangan khasnya. Dari aroma kuah Soto kerbau yang menggoda hingga kelezatan Nasi opor sunggingan yang kaya rempah, setiap hidangan memiliki cerita dan cita rasa uniknya.

Kudus terkenal dengan destinasi wisata religinya yang unik. Ada Masjid Al-Aqsha, Menara Kudus, Makam Sunan Muria, dan Museum Kretek. Bagi yang belum tahu, kota di Jawa Tengah ini juga punya beragam makanan khas Kudus yang paling populer yang lezat. Kalau kamu sedang melewati Kota Kudus, sebaiknya mampir dan mencoba kuliner khasnya. 

Nah, disini akan membahas Makanan khas Kudus yang paling populer. Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:9 Rekomendasi Wisata di Kudus, Mulai Dari Museum Hingga Wisata Air. Cek Disini!

Berikut ini rekomendasi makanan khas Kudus yang paling populer:

1. Pecel Pakis Colo

Pecel Pakis berbeda dengan pecel pada umunnya yang dijual di beberapa daerah. Keunikan pecel pakis terletak pada bahan yang digunakan, khususnya pakis sebagai sayuran pelengkap.

Dalam pengolahannya, tanaman pakis akan diambil daunnya dan dilengkapi dengan bahan pendukung lainnya seperti kacang panjang yang dipotong dan tauge.

2. Soto kerbau 

Makanan khas Kudus, Jawa Tengah yang paling terkenal adalah soto Kudus atau soto kerbau. Soto kudus hampir mirip dengan soto Lamongan namun dengan kuah lebih bening. Namun, yang khas dari soto Kudus adalah isiannya menggunakan daging kerbau.

Tetapi saat ini, soto Kudus juga memiliki variasi daging lain yakni sapi dan ayam suwir. Makanan khas Kudus ini bisa dinikmati dengan pelengkap berupa perkedel, tempe goreng, sate jeroan, sate telur puyuh.

BACA JUGA:Bukit Puteran: Spot Tempat Berlibur dan Camping di Kudus

3. Nasi opor sunggingan 

Nasi opor sunggingan adalah salah satu kuliner khas Kudus yang terkenal. Konon, menu ini adalah makanan favorit salah satu anggota Walisongo, Sunan Kudus. Nasi opor sunggingan ini sering dijadikan sebagai suguhan utama di setiap ada acara di kompleks Menara Kudus.

Misalnya, pada acara tradisi jamasan keris milik Sunan Kudus. Tradisi jamasan adalah ritual penyucian atau pembersihan keris peninggalan Sunan Kudus yang diadakan rutin setiap tahun sekali. Seusai acara, menu nasi opor sunggingan selalu menjadi hidangan utama bagi para tamu.

4. Ayam gongso

Makanan khas Kudus berikutnya adalah ayam gongso. Bumbu yang digunakan dalam masakan ayam gongso ini adalah bumbu kecap.  Perpaduan rasa manis, pedas dan juga gurih membuat cita rasa dari ayam gongso ini semakin nikmat. Makanan khas Kudus ini juga sudah menyebar ke sejumlah daerah di Indonesia. 

5. Sayur Kangkung santan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: