5 Cara Cek NIK KTP Terdaftar di Pinjol Lewat Online

5 Cara Cek NIK KTP Terdaftar di Pinjol Lewat Online

Cara cek NIK KTP di pinjol lewat online--

DISWAY JATENG - Saat ini banyak kasus penyalahgunaan di pinjaman online. Supaya aman, cara cek NIK KTP terdaftar di pinjol mungkin bisa membantu Anda untuk mengamankan data pribadimu.

Cara cek NIK KTP terdaftar di pinjol dapat menjaga data pribadi Anda disalahgunakan oleh oknum-oknum ilegal. Pasalnya saat ini banyak fenomena penyebaran dan penyalahgunaan data pribadi di pinjol yang sangat meresahkan.

Pinjol merupakan penyedia layanan keuangan yang bisa diajukan dengan KTP. NIK KTP yang didaftarkan di pinjol sangat penting dijaga oleh nasabah dari penyalahgunaan data.

BACA JUGA:6 Tips Menghilangkan Sadapan Pinjol Ilegal agar Data Tetap Terjaga

Cara cek NIK KTP terdaftar di pinjol bisa Anda gunakan apabila data pribadi tersebut disalahgunakan oleh orang lain. Karena itu, ada berbagai risiko merugikan di pinjol yang perlu diperhatikan dan diwaspadai salah satunya penyalahgunaan data.

Dengan kemudahan pengajuan pinjaman yang ditawarkan, ada kasus dimana pengajuan pinjaman menggunakan data orang lain tanpa izin. Dengan adanya hal ini tentu saja sudah termasuk dalam tindak kejahatan yang sudah melanggar hukum.

Karena itu, cara cek NIK KTP terdaftar di pinjol perlu dilakukan supaya data aman. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengecek NIK KTP yang digunakan untuk mengajukan pinjaman online.

BACA JUGA:Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi Jika Terlanjur Galbay? Begini 5 Solusi yang Aman dan Efektif

 

1. Lewat Aplikasi Dataku

Aplikasi Dataku merupakan platfrom yang dibuat khusus untuk mengecek data pribadi seperti KTP secara online. Anda bisa mengunduh aplikasi satu ini melalui ponsel di Play Store atau App Store.

Cara cek NIK KTP terdaftar di pinjol melalui aplikasi satu ini terbilang cukup mudah. Selain itu, aplikasi ini juga bisa untuk mengecek data pribadi lainnya seperti Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Namun, aplikasi ini belum ada izin resmi dari pemerintah jadi masih abu-abu. Sebaiknya jangan digunakan terlebih dahulu karena bisa menyebabkan kebocoran data.

BACA JUGA:Cara Menghapus Data NIK KTP di Pinjol, Ikuti 3 Langkah ini Dijamin Hilang Permanen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: