Liburan Telah Tiba, Destinasi Wisata Jogja Paling Hits Dan Unik

Liburan Telah Tiba, Destinasi Wisata Jogja Paling Hits Dan Unik

Destinasi wisata Jogja paling hits dan unik-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Liburan telah tiba, Kota Jogja sebuah tempat yang mempesona dengan julukan, seperti Kota Pelajar, Kota Budaya, dan Kota Wisata, serta menyimpan kekayaan warisan budaya dan alam yang menakjubkan. Apa lagi dengan destinasi wisata Jogja paling hits dan unik ini. 

Destinasi wisata Jogja paling hits dan unik yang mulai dari wisata edukasi, hingga wahana permainan seru ada di sini. Yogyakarta juga menawarkan pengalaman wisata alam yang unik dan berkesan.

Bagi kamu yang mencari pengalaman wisata yang seru dan kekinian, Jogja memiliki banyak rekomendasi seru untuk destinasi wisata Jogja paling hits dan unik yang bisa kunjungi bersama Keluarga.

Berkunjung ke Jogja dan bingung mau mengunjungi tempat destinasi wisata Jogja paling hits dan unik yang mana. Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:Simak Kuliner Unik Khas Jogja Yang Legendaris Memikat Wisatawan

 

1. Pantai Parangtritis

Bagi kamu yang berkunjung ke Yogyakarta, jangan lewatkan untuk mampir ke Pantai Parangtritis. Pantai ini terkenal akan keindahan laut dan senja yang memukau, serta kisah mitos Nyi Roro Kidul yang dikenal sebagai penguasa laut selatan di Jawa. 

Dikatakan bahwa Pantai Parangtritis memiliki pemandangan matahari terbenam yang lebih indah dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Ketika cuaca cerah, kamu bisa menikmati panorama matahari terbenam dengan warna jingga hingga merah muda yang memancar di sisi barat.

Duduk santai di tepi pantai atau berjalan-jalan menaiki kuda di sepanjang garis pantai sambil menikmati senja adalah cara yang sempurna untuk bersantai dan melepas penat. 

2. Wisata Candi Borobudur

Lokasi Borobudur Land berada di Dusun Jetis Kayu, Desa Wringin Putih, Kecamatan Borobudur, sekitar 4 kilometer (km) dari Candi Borobudur. Candi Borobudur tetap menjadi magnet bagi para wisatawan, dengan statusnya sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO. Keindahan arsitektur dan keberadaannya yang bersejarah menjadikannya destinasi yang selalu ramai dikunjungi setiap harinya. 

Dikelilingi oleh keindahan alam yang asri, Candi Borobudur tetap menjadi salah satu daya tarik utama di Jogja. Wisata Borobudur Land Magelang beroperasi setiap hari, dan terdiri dari permainan Rainbow Slide, Monorail, Kereta Mini, dan Kursi Terbang. Di lokasi ini juga terdapat banyak spot foto dan selfie, juga bersantai di food court.

BACA JUGA:Kecamatan Bantarbolang, Rekomendasi Wisata Yang Patut Dikunjungi di Kabupaten Pemalang

3. Jalan Malioboro dan 0 KM

Jalan Malioboro, yang telah menjadi legenda, tetap menjadi pusat perhatian para pengunjung. Suasana nostalgia dengan lampu-lampu khas, jajanan kaki lima, dan deretan toko yang menghiasi jalanan, membuatnya menjadi tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi.

Di penghujung Jalan Malioboro, Titik 0 KM menawarkan pemandangan yang menawan, terutama di malam hari. Jantung dari Yogyakarta ini memang selalu ramai dikunjungi oleh para turis domestik maupun mancanegara. Wisata dekat Malioboro meliputi berbagai sektor seperti kuliner, fashion, hingga sejarah.

4. Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar merupakan destinasi wisata keluarga yang terintegrasi dengan edukasi yang berlokasi di pusat Kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Panembahan Senopati Nomor 1-3, bersebelahan dengan Benteng Vredeburg. Tempat ini menyajikan kombinasi antara rekreasi dan pendidikan dalam satu kawasan yang menarik.

Terdapat berbagai zona permainan dan edukatif yang ditujukan untuk pengunjung dari berbagai usia. Keberadaan pusat buku yang dapat diakses langsung dari bekas Shopping Centre menambah keunggulan dari Taman Pintar ini, khususnya sebagai sarana pembelajaran yang cocok bagi anak-anak yang sedang dalam fase pertumbuhan.

Pengunjung tidak akan dikenakan tarif untuk memasuki area Taman Pintar karena tidak ada biaya masuk. Namun demikian, untuk menikmati wahana atau mengikuti program kreativitas yang disediakan, pengunjung diwajibkan untuk membeli tiket khusus untuk setiap wahana tersebut.  

BACA JUGA:6 Destinasi Wisata Pegunungan Unik Dan Populer Yang Memiliki Panorama Di Jawa Tengah

5. Candi Prambanan

Candi Prambanan tentunya sudah dikenal luas sebagai salah satu situs sejarah yang memiliki nama besar. Candi ini adalah candi Hindu yang dapat dikunjungi untuk mempelajari sejarah. Selain itu, Candi Prambanan juga menyajikan pertunjukan budaya Jawa yang dapat dinikmati oleh para pengunjung.

Situs ini sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga. Lokasinya yang mudah diakses karena berada di tepi jalan raya yang sering dilalui oleh kendaraan menjadikannya tempat yang strategis.

Bagi pengunjung yang berkeinginan untuk membeli cinderamata, tersedia beragam pilihan yang menggambarkan kekhasan Jawa di Candi Prambanan ini.

6. Stonehenge Merapi

Stonehenge Merapi di Yogyakarta adalah tatanan batu yang dibangun untuk menyerupai Stonehenge yang ada di Inggris. Tatanan ini memiliki nilai sejarah dan merupakan bagian dari warisan budaya di kota Yogyakarta. Stonehenge sendiri menjadi salah satu tempat wisata keluarga yang memikat banyak orang karena termasuk dalam daftar keajaiban dunia.

Sampai sekarang, Stonehenge masih menarik minat para peneliti arkeologi dan terus menjadi subjek penelitian dalam kajian kebudayaan untuk mengeksplorasi sejarah nilai-nilai budaya yang tidak terlihat. Tatanan batu di Stonehenge Merapi Jogja didesain mirip dengan Stonehenge aslinya. Lapangan rumput hijau yang mengelilinginya menambah kesan alami dan estetika tempat tersebut.

Meskipun Gunung Merapi dikenal sebagai gunung berapi yang aktif, keindahan alam sekitarnya tetap menjadikannya lokasi yang menarik untuk dikunjungi. Stonehenge Merapi mungkin merupakan tempat wisata alam yang relatif baru, namun perjalanan ke sana menawarkan pemandangan lereng Gunung Merapi yang menawan. 

BACA JUGA:Pemkot Tegal Kenalkan Wisata dengan Bersepeda

7. Obelix Hills

Destinasi Obelix Hills menawarkan pengalaman wisata yang menarik untuk dinikmati bersama keluarga pada saat akhir pekan atau selama periode liburan di Yogyakarta. Terletak di Desa Wukirharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, lokasi ini berjarak sekitar 23 kilometer dari pusat kota dan dapat dicapai dengan perjalanan selama satu jam.

Lokasi Obelix Hills yang strategis di antara bukit-bukit di sisi barat kota memberikan kelebihan bagi pengunjung yang ingin menyaksikan panorama matahari terbenam yang mempesona. Tempat wisata ini berada tidak jauh dari atraksi lain seperti Desa Wisata New Nglepen dengan rumah-rumah dome dan kawasan Bukit Teletubbies.

Demikian ulasan mengenai destinasi wisata Jogja yang paling hits dan unik, bisa dijadikan referensi anda saat berlibur bersama orang tersayang. Kira - kira kalian mau kemana? Semoga bermanfaat ya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: