5 Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Terjerat Utang di Pinjol

5 Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Terjerat Utang di Pinjol

Tips mengatur keuangan agar aman dari galbay pinjol--

DISWAY JATENG - Pinjaman online memang menawarkan kemudahan untuk mendapatkan dana darurat. Minimnya pengetahuan tentang tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol menyebabkan nasabah terjebak utang.

Dengan mengetahui tips mengatur keuangan agar tidak terjerat utang pinjol, Anda bisa menghindari berbagai risiko merugikan. Selain itu, nasabah tak hanya menghindari kerugian dari pinjol saja melainkan bisa menerapkan pengaturan uang ke kehidupan sehari-hari.

Tips mengatur keuangan agar tidak terjerat pinjol ilegal bisa Anda lakukan dengan mudah, lho. Cara ini bisa dilakukan sebelum mengajukan bahkan jika Anda terlilit utang pinjol.

BACA JUGA:4 Tips Galbay Pinjol Legal dengan Aman yang Dibocorkan DC Lapangannya Langsung

Bagaimana tips mengatur keuangan agar aman dari risiko terjadinya galbay? Berikut beberapa langkah yang bisa Anda coba supaya tidak terjerat tagihan pinjaman online.

1. Stop Gali Lubang Tutup lubang

Tips mengatur keuangan supaya aman dari lilitan utang pinjol pertama, yakni stop gali lubang tutup lubang. Istilah ini merupakan kondisi dimana nasabah memiliki utang dan mengambil pinjaman lagi untuk menutup utang sebelumnya.

Melakukan cara ini tidak menyelesaikan masalah namun akan membuat masalah baru. Karena itu, akan lebih baik jika kita bisa mengatur keuangan kita dengan baik sehingga tidak perlu untuk melakukan pinjaman lagi.

BACA JUGA:6 Tips Galbay Pinjol Aman dari DC Lapangan yang Datang ke Rumah

2. Mengajukan Pinjaman untuk Keperluan Mendesak

Mengajukan pinjaman diperbolehkan selama masih pada batas kemampuan Anda. Biasanya ada batas maksimal sekitar 30% dari pendapatan kita yang masih bisa dikatakan sebagai pinjaman yang diperbolehkan.

Selain itu, ajukan pinjaman untuk keperluan yang mendesak saja seperti produktif, dan biaya darurat lainnya. Jangan sampai Anda menggunakannya untuk kebutuhan konsumtif seperti liburan, nonton konser dan sebagainya.

3. Tingkatkan Literasi Keuangan

Meningkatkan literasi keuangan merupakan tips mengatur keuangan agar tidak terjerat utang di pinjaman online. Jika sudah meningkatkan literasi keuangan, maka Anda harus menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: