Mengupas Sejarah Desa Kandang Sapi yang Unik di Sragen Jawa Tengah, Begini Asal Usulnya

Mengupas Sejarah Desa Kandang Sapi yang Unik di Sragen Jawa Tengah, Begini Asal Usulnya

Desa Kandang Sapi Sragen Jawa Tengah--

DISWAY JATENG - Mari jelajahi sejarah Desa Kandang Sapi di Kabupaten Sragen Jawa Tengah. Letak desa dengan nama unik ini berada di Kecamatan Jenar, Kabupaten, Sragen.

Sejarah Desa Kandang Sapi memiliki cerita unik dan serta nilai-nilai dari leluhur yang masih terjaga hingga saat ini. Selain itu, desa unik di Jawa Tengah satu ini juga terkenal kaya akan sejarah dan budayannya.

Dengan keunikan sejarah Desa Kandang Sapi banyak orang yang penasaran tentang asal usul desa ini. Apa yang membuat nama daerah ini menjadi unik dan apa sejarahnya?

BACA JUGA:5 Tarian Tradisional Jawa Tengah yang Populer

Artikel ini akan menjelejahai sejarah Desa Kandang Sapi dari sejarahnya. Berikut informasi mengenai salah satu desa dengan nama unik yang ada di Jawa Tengah.

Asal Usul Desa Kandang Sapi Sragen Jawa Tengah

Makna dari Desa Kandang Sapi sejarahnya diawali dengan adanya perang Mangkubumen 1746-1757. Salah satu warga dari desa ini menerangkan bahwa perang tersebut berkaitan dengan perjalanan Pangeran Mangkubumi yang berjuang melawan VOC.

Terjadinya Perang Mangkubumen dikarenakan kekecewaan Pangeran Mangkubumi yang tidak mendapatkan tanah setelah berhasil memadamkan pemberontakan Pangeran Sambernyawa.

BACA JUGA:Sebuah Tradisi Unik Masyarakat Purbalingga yang Legendaris, Cek 6 Hal Menarik dari Kesenian Ebeg ini

Selama perang melawan VOC, pangeran Mangkubumi berjuang sampai membuat keraton di daerah perang. Keraton tersebut terletak berada di pertemuan antara Sungai Sawur dan Bengawan Solo.

Di daerah perang ada sebuah dua sungai yang memiliki lahan kisaran dua hektar yang dikenal dengan sebutan tanah keraton. Lokasi keraton tersebut tepatnya di Dukuh Tawang, Desa Kandangsapi.

Dikeraton yang disebut Ing Ngalaga, Pangeran Mangkubumi melakukan perjuangan melawan VOC.

BACA JUGA:7 Desa Unik dan Kocak di Jawa Tengah yang Bikin Penasaran

Pada saat perang, Pangeran Mangkubumi dibantu oleh 27 tokoh yang dikenal dengan sebutan brandal Sukowati. Tokoh yang membantu dalam peperangan merupakan brandal yang diambil dari kelompok Belanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: