PPDB SD dan SMP di Kabupaten Pemalang Gratis

PPDB SD dan SMP di Kabupaten Pemalang Gratis

PPDB - Suasana PPDB SMP di salah satu sekolah.Foto:M Ridwan/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, PEMALANG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pemalang. Menjamin masyarakat tidak akan membayar atau gratis. Untuk pelaksanaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024/2025 di tingkat SD dan SMP

Demikian disampaikan Kepala Dindikbud Pemalang Ismun Hadiyo. Menurutnya, sebagai komitmen bersama seluruh stakeholder pendidikan dalam rangka pengurangan angka anak tidak sekolah dan lama pendidikan.

BACA JUGA:Pancasakti Japan Festival Diikuti 780 Peserta

Pihaknya  berjanji kepada masyarakat,PPDB 2024/2025 di seluruh sekolah negeri. Yang bernaung dengan dinas dipastikan gratis tanpa pungutan.

"Ini sesuai instruksi dari bupati tentang biaya pendidikan. Terutama pelaksanaan PPDB di semua pelayanan, meliputi administrasi hingga pendaftaran ulang diberikan secara gratis,” jelasnya.

BACA JUGA:MAN Kota Tegal Wisuda 84 Penghafal Alquran

Pihaknya juga sudah memiliki surat edaran dinas untuk pelaksanaan PPDB 2024/2025 gratis tanpa pungutan biaya. Sekolah juga tidak boleh memberikan ruang khusus untuk sejumlah pihak dalam pelaksanaan pendaftaran.

"Jika ada hal itu  maka akan diberikan sanksi dari dinas,” terang Ismun.

BACA JUGA:Penglepasan Siswa Kelas VI SDM Slawi

Pihaknya mengimbau sekolah terutama negeri sebaiknya tidak memperjualbelikan seragam. Pelaksanaannya dapat bekerja sama dengan pihak ketiga untuk menyediakannya sesuai aturan di setiap sekolah.

"Ini dilakukan agar rasa kepercayaan masyarakat terhadap instansi pendidikan bisa meningkat. Karena hal ini sering terjadi rawan kasus puungutan liar (pungli)," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: