Ribuan Satlinmas se-Kabupaten Tegal Digembleng Satpol PP Menjelang Pilkada

Ribuan Satlinmas se-Kabupaten Tegal Digembleng Satpol PP Menjelang Pilkada

APEL - Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal Supriyadi saat memimpin apel di halaman markas.Foto:Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Ribuan personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-Kabupaten Tegal. Akan digembleng atau mendapat pelatihan peningkatan kapasitas dari Satpol PP setempat.

Pelatihan ini akan dimulai pada 12 Juni hingga 18 September 2024. Adapun pematerinya, Satpol PP menggandeng komisioner KPU, anggota Kodim 0712/Tegal dan Polres Tegal.

Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal Supriyadi menjelaskan, anggota Satlinmas memiliki peran penting dalam tahapan Pilkada serentak tahun 2024.

BACA JUGA:Aspirasi Direalisasi, Guru Apresiasi AYK Anggota DPRD Kabupaten Tegal

Mereka akan bertugas di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS). Serta terlibat dalam pengamanan bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). 

"Oleh karena itu, pelatihan ini sangat penting untuk menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan pengamanan Satlinmas," katanya.

Sementara, Kepala Bidang Trantibum Satpol PP Yunan Helmi didampingi Kepala Seksi Trantibum dan Linmas Maliki mengatakan, pelatihan ini akan dilakukan di 18 kecamatan di Kabupaten Tegal.

BACA JUGA: Perusahaan di Pantura Kabupaten Tegal Tolak Tenaga Kerja Lokal, DPRD Geram

Lokasi pelatihan dipusatkan di pendapa kecamatan. Jumlah Satlinmas yang mengikuti pelatihan sebanyak 60 orang di tiap kecamatan.

Sesuai jadwal, pelatihan akan diawali di Kecamatan Jatinegara pada 12 Juni. Dan diakhiri di Kecamatan Slawi pada 18 September 2024.

"Total yang mengikuti pelatihan ini lebih dari 1.000 anggota Satlinmas," ujarnya.

BACA JUGA:Dinas Koperasi UKM Perdagangan Kabupaten Tegal Dorong Pengembangan Usaha Mikro

Untuk materi yang diberikan narasumber yakni tentang peran Satlinmas dalam penanganan gangguan Trantibum. Peran Satlinmas dalam Pilkada, kesamaptaan dan pengamanan Pilkada.

"Pematerinya dari Satpol PP, KPU, Kodim dan Polres," imbuhnya. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: