Dinas Perintransnaker Kabupaten Tegal Adakan Pelatihan Sertifikasi Las GMAW Level 3G

Dinas Perintransnaker Kabupaten Tegal Adakan Pelatihan Sertifikasi Las GMAW Level 3G

BUKA - Sekretaris Dinas Perintansnaker Kabupaten Tegal membuka pelatihan sertifikasi las.Foto: Hermas Purwadi/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI - Upaya meningkatkan kompetensi dan profesionalisme para pekerja di bidang pengelasan dilakukan Dinas Perintransnaker Kabupaten Tegal.Kali ini, pelatihan dan sertifikasi Las GMAW Level 3G digulirkan untuk membekali teknik pengelasan Gas Metal Arc Welding.  Guna memastikan peserta mampu melakukan teknik las dengan standar yang tinggi.

Kepala Dinas Perintransnaker Kabupaten Tegal Riesky Trisbiyantoro melalui Sekretaris Sutoyo menyatakan, khusus di level 3G  ini. Dapat menunjukan kemampuan  dalam melakukan pengelasan pada posisi vertical. 

"Hal ini tentunya memerlukan  keahlian dan ketelitian yang tinggi," ujarnya, Selasa (11/6/2024).

BACA JUGA:Dinas Koperasi UKM Perdagangan Kabupaten Tegal Dorong Pengembangan Usaha Mikro

Menurutnya, sertifikasi ini adalah kesempatan emas yang harus dimanfaatkan  sebaik mungkin, Pihaknya mendorong peserta untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melalui setiap sesi pelatihan. Yang telah disiapkan dengan baik oleh para instruktur yang berpengalaman.

Pengelasan merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting dalam industri manufaktur. Ketrampilan las yang baik  tidak hanya menjamin kualitas  produk yang dihasilkan. 

"Tetapi juga meningkatkan keselamatan kerja dan efisiensi produksi," ungkapnya.

BACA JUGA:5 Tarian Tradisional Jawa Tengah yang Populer

Pihaknya mengajak semua peserta  untuk bertanya dan berdiskusi, mengingat pelatihan ini merupakan momentum yang tepat. Untuk memperdalam pemahanan tentang teknik pengelasan GMAW 3G.

Program pelatihan pengelasan GMAW 3G adalah yang mempelajari tentang unit melakukan komunikasi timbal balik. Mengidentifikasi prinsip-prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Serta kesehatan kerja di lingkungan kerja. Mengukur dengan alat ukur mekanik dasar, membaca sketsa atau gambar kerja sederhana.

BACA JUGA:Pemberdayaan Perempuan di Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal Semakin Kuat

Termasuk penggunaan peralatan dan mesin mesin Ringan, melaksanakan pemotongan secara mekanik. Pelaksanakan pemotongan dengan gas, hingga melaksanakan rutinitas (dasar) pengelasan dengan proses las GMAW. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: