Cara Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai pada Smartphone

Cara Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai pada Smartphone

Tips dan cara mengetahui aplikasi yang boros baterai pada ponsel pintar-Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Smartphone adalah kelas ponsel dari perangkat komputasi generik serbaguna. Ponsel pintar ini mempunyai daya baterai yang bisa diisi ulang apabila terjadi penurunan cepat pada daya baterai ponsel, mungkin ada aplikasi di perangkat Android yang menyebabkan konsumsi daya berlebihan dengan hal ini adapun tips dan cara mengetahui aplikasi yang boros baterai pada Ponsel pintar. 

Tips dan cara mengetahui aplikasi yang boros baterai pada ponsel pintar bisa mengurangi kendala akibat baterai smartphone yang cepat habis padahal baru saja diisi. Hal itu bisa saja terjadi akibat pengisian yang tak sempurna, baterai bocor, hingga aplikasi yang terus berjalan. Ada beberapa aplikasi boros baterai yang kadang tidak diketahui kita.

Dengan melakukan pengecekan ini, setiap pengguna dapat mengetahui aplikasi-aplikasi mana yang memiliki dampak signifikan terhadap konsumsi daya baterai perangkat. Selain memberikan kontrol yang lebih baik terhadap penggunaan aplikasi, langkah tips dan cara mengetahui aplikasi yang boros pada ponsel pintar juga memungkinkan pengguna Android untuk mengoptimalkan penggunaan daya baterai, sehingga mengurangi frekuensi pengisian ulang daya perangkat.

Dalam ulasan ini akan membahas tentang tips dan cara mengetahui aplikasi yang boros baterai pada Ponsel pintar. Yuk simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:10 Tips Menghemat Baterai di iOS 17 untuk iPhone Generasi Lawas, Bisa Panjangkan Umur Battery Health

Berikut ini tips yang harus dilakukan agar tidak boros baterai pada ponsel pintar:

Ada beberapa cara mengatasi aplikasi boros baterai yang bisa Anda coba. Pertama adalah coba mematikan layanan lokasi. Beberapa aplikasi membutuhkan lokasi untuk diaktifkan seperti google Maps. Jika sudah tidak terlalu dibutuhkan maka silahkan matikan layanan lokasi. Karena terkadang meskipun Anda sudah keluar dari aplikasi namun layanan lokasi atau GPS masih terus berjalan. 

Kemudian coba matikan notifikasi aplikasi yang tidak penting. Jika dirasa bukan notifikasi yang penting dan hanya informasi aplikasi, maka silahkan untuk mematikan notifikasinya. 

Hal yang terakhir adalah Anda bisa menghapus aplikasi yang tidak terlalu penting namun menguras banyak baterai. Selain itu, pastikan untuk selalu menggunakan charger original dari bawaan ponsel agar kesehatan baterai tetap terjaga dan baterai tidak mudah bocor. 

BACA JUGA:Kenali Kecanggihan Vivo Y15s, Ponsel Hemat Baterai dengan Layar Luas dan Performa Optimal

Cara mengetahui aplikasi yang boros baterai dalam penggunaan Ponsel pintar. Berikut beberapa caranya:

1. Gunakan Fitur Apps di Pengaturan

Selain melalui Battery Usage, pengguna juga dapat mengidentifikasi aplikasi boros baterai melalui fitur Apps di menu Pengaturan. Berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan ketika ingin menggunakan fitur ini:

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu membuka menu Pengaturan pada ponsel Anda.
  • Scroll ke bawah layar sampai dengan menemukan opsi Apps.
  • Dalam beberapa opsi tersebut nantinya akan menampilkan sebuah daftar aplikasi yang terpasang di ponsel Android Anda.
  • Pilihlah salah satu aplikasi untuk bisa memeriksa penggunaan dari baterai smartphone yang digunakan.
  • Setelah memilih nama aplikasi, maka akan lanjut memilih opsi Usage yang memberikan sebuah rincian terkait dengan penggunaan Baterai, Storage, Mobile data, dan Memori.
  • Pada menu Baterai, akan dapat terlihat secara langsung mengenai persentase dari baterai yang telah digunakan pada aplikasi tersebut.
  • BACA JUGA:Tips Menghemat Baterai iPhone agar Awet Seharian Tanpa Ribet

2. Gunakan Fitur Battery Usage

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: