6 Museum Unik di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

6 Museum Unik di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Museum unik di Jawa Tengah -Tangkapan layar diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Museum adalah gedung yang digunakan sebagai tempat untuk pameran seperti peningggalan seni sejarah,seni, ilmu maupun tempat menyimpan barang kuno. Tidak hanya unik saja, Museum unik di Jawa Tengah ini bisa menambah pengetahuan anda sekaligus. 

Museum unik di Jawa Tengah memiliki beberapa manfaat, antara lain memancing imajinasi, meningkatkan rasa ingin tahu, menambah referensi dan belajar mengenal sejarah.

Rekomendasi untuk pergi ke museum unik di Jawa Tengah menjadi salah satu cara terbaik untuk melepaskan penat sejenak terhadap segala aktivitas yang ada. Sebentar lagi liburan akan tiba, tentu saja cara terbaik meluangkan waktu untuk pergi ke tempat wisata dengan pemandangan yang eksotis maupun tempat menarik yang jarang tereksplor seperti museum unik di Jawa Tengah ini.

Kami akan merekomendasikan museum unik di Jawa Tengah yang wajib anda kunjungi saat liburan. Mari simak ulasan dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:9 Rekomendasi Wisata di Kudus; Mulai Dari Museum Sampai Ke Wisata Air! Cek Disini

Berikut ini 6 museum unik di Jawa Tengah antara lain:

1.Museum Sangiran

Museum Sangiran menjadi sangat istimewa karena letaknya berdekatan dengan area situs fosil purbakala yang sudah masuk menjadi UNESCO World Heritage Site.

Museum Sangiran sekaligus situs arkeologinya tidak hanya menarik sebagai objek wisata, namun juga merupakan area penelitian seputar kehidupan praserajah paling penting dan paling lengkap di Asia. Museum Sangiran ini terletak di dua kabupaten, yaitu Sragen dan Karanganyar.

2. Museum Diponegoro

Bagi yang gemar dengan sejarah perjuangan bangsa, tentunya tahu bahwa dulu Belanda pusing dalam menghadapi  pasukan Pangeran Diponegoro. Selama 5 tahun berperang, Belanda belum juga dapat membekuk sang pangeran.

Oleh sebab itu, Belanda menggunakan akal liciknya dengan mengajak Pangeran Diponegoro berunding di tempat yang saat ini dijadikan Museum Diponegoro. Di sanalah Pangeran Diponegoro ditangkap dengan cara licik dan kemudian diasingkan ke Sulawesi hingga akhir hayatnya. Museum Diponegoro berada di dalam areal Gedung Karesidenan Kedua di Jl. Pangeran Diponegoro.

BACA JUGA:Museum Wayang: Mengeksplorasi Dunia Wayang di Jantung Kota Tua Jakarta, Cocok Jadi Wisata Bersejarah

3. Museum Ranggawarsito

Letaknya tidak jauh dari Bandara Ahmad Yani, tepatnya di Jl. Abdul Rahman Saleh No. 1, Semarang. Yang menarik dari museum ini terdiri dari 4 (empat) gedung, masing-masing gedung menyimpan koleksi yang berbeda. Di Gedung A mempelajari sistem pembagian jaman yang pernah ada di bumi, ada koleksi bebatuan, meteorit, bebatuan mineral hingga batu mulia. 

Pada lantai 2 Gedung A ini kita bisa belajar tentang Paleontologi, yaitu bukti-bukti sejarah terkait dengan kehidupan di jaman purba. Ada berbagai fosil yang berasal dari jaman purba sehingga kita bisa tau kehidupan di masa dahulu.

4. Museum Kereta Api Ambarawa

Apabila Anda ingin menyusuri jejak-jejak masa lampau seputar kereta api, tepat jika menyempatkan diri mengunjungi museum ini. Pada lokasi yang sama, dulunya museum ini memang stasiun kereta api.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: