Ribuan Orang Padati Haul Zainal Arifin di Kabupaten Tegal

Ribuan Orang Padati Haul Zainal Arifin di Kabupaten Tegal

HAUL - Ribuan orang memadati Makam KH Zainal Arifin di TPU Desa Demangharjo, Kabupaten Tegal.Foto: Yeri Noveli/jateng.disway.id--

DISWAYJATENG, SLAWI- Ribuan orang memadati Haul Al Maghfurlah KH Zainal Arifin, di TPU Desa Demangharjo, Kecamatan Warureja, Kabupaten Tegal.

Mereka datang dari berbagai daerah untuk mendoakan Ulama Besar Zainal Arifin yang merupakan ayah kandung dari H. Ahmad Tubagus Fahmi.

Menurut Tubagus Fahmi, ini merupakan Haul ke-33. Semasa hidupnya, ayahnya merupakan tokoh regional di Jawa Tengah. Aktif juga di organisasi Nahdlatul Ulama (NU). Karirnya dimulai sejak almarhum ayahnya menjabat sebagai Ketua IPNU Cabang Kudus pada tahun 1968. Kemudian pada 1975-1989 ayahnya menjadi Ketua Jam’iyah Cabang Tegal.

BACA JUGA:Jalan Kalipaku-Simpur Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang Diaspal

"Beliau adalah tokoh yang aktif di Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dimulai dari tahun 1973 sampai wafatnya. Beliau sempat juga menjabat anggota MPR-RI melalui PPP sejak tahun 1987 namun belum genap 5 tahun menjabat Allah berkenan memanggil beliau ke pangkuan-Nya. Tepatnya pada hari Selasa 18 Juli 1991 di Jakarta," kata Tubagus yang merupakan anak keempat dari KH Zainal Arifin.

Untuk mengenang jasa-jasanya, lanjut Tubagus, maka para ulama bersepakat mengadakan Haul yang kemudian disambut baik oleh keluarga almarhum.

Maka sejak 1992, Haul pertama diselenggarakan secara sederhana di makbarah, karena pada masa itu menjelang Pemilu Tahun 1992. Haul Kedua dilaksanakan pada 1993 dan dihadiri ribuan jamaah dari berbagai daerah seperti Tegal, Pemalang, Brebes dan sekitarnya.

BACA JUGA:Pemkab Pemalang Buka Pendaftaran Calon Anggota Komisaris PT LKM BKD

Kala itu, pembicaranya Al Habib Syekh Bin Ali Al Jufri. Sedangkan Haul ketiga, dihadiri oleh KH DR Idham Chalid (mantan ketua PBNU).

"Alhamdulillah sampai sekarang kami masih menggelar Haul. Dan ini merupakan Haul ke 33," ujarnya.

Haul kali ini, kata Tubagus, juga dihadiri ribuan orang dari berbagai daerah. Selain dari Kabupaten Tegal, juga dari Kota Tegal, Brebes, Pemalang dan Pekalongan.

"Mereka datang beramai-ramai ke acara Haul ini untuk mendoakan almarhum ayah kami," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: