Ini Dia 3 Tips Mengatasi HP Oppo yang Lemot, HP Oppo RAM 2Gb Wajib Baca ini

Ini Dia 3 Tips Mengatasi HP Oppo yang Lemot, HP Oppo RAM 2Gb Wajib Baca ini

Cara mengatasi HP Oppo lemot--

DISWAYJATENG - Apakah Anda sedang mencari tips mengatasi HP Oppo yang lemot? Memiliki HP dengan performa lambat atau sering ngelag tentu sangat menyebalkan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi jika Anda memiliki HP Oppo dengan RAM hanya 2GB.

Namun, jangan khawatir! Berikut ini adalah beberapa tips mengatasi HP Oppo yang lemot terutama pada perangkat dengan RAM 2GB agar kinerja HP Anda kembali lancar.

Dengan tips mengatasi HP Oppo yang lemot ini Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membawa ke tukan servis, Anda juga tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk mengatasi ponsel yang lemot.

Di bawah ini adalah beberapa tips mengatasi HP Oppo yang lemot yang bisa kamu lakukan. Simak penjelasan lengkapnya di berikut ini.

BACA JUGA:5 Panduan Lengkap Tips Cek HP Bekas Semua Merek, Baca Sebelum Membeli

1. Mengaktifkan Opsi Pengembang

Tips mengatasi HP Oppo yang lemot pertama, Anda bisa membuka menu pengaturan pada HP Oppo. Gulir ke bawah dan cari opsi "Tentang Ponsel" kemudian ketuk opsi tersebut. Di dalam menu "Tentang Ponsel", Anda akan menemukan informasi seperti nomor model, versi Android, dan lain-lain.

Selanjutnya, cari opsi "Nomor Kompilasi" dan ketuk opsi tersebut sebanyak tujuh kali berturut-turut. Setelah ketukan ketujuh, akan muncul pemberitahuan bahwa "Opsi Pengembang telah diaktifkan".

BACA JUGA:Berikut ini 5 Tips Membeli HP Bekas Berkualitas dengan Aman Agar tidak Tertipu

Mengatur Opsi Pengembang

Setelah mode pengembang berhasil diaktifkan, kembali ke menu utama "Pengaturan". Cari dan buka menu "Pengaturan Tambahan", di dalamnya Anda akan menemukan opsi "Opsi Pengembang". Buka "Opsi Pengembang" tersebut, kemudian cari dan ubah pengaturan berikut:

  1. "Skala Animasi Jendela" ubah menjadi 0,5x
  2. "Skala Animasi Transisi" ubah menjadi 0,5x
  3. "Skala Durasi Animator" ubah menjadi 0,5x

Dengan mengubah ketiga pengaturan di atas, seluruh pergerakan, transisi, dan animasi pada HP Oppo Anda akan menjadi lebih cepat dan lancar. Selain itu, ada baiknya Anda juga mengaktifkan opsi "Paksa 4x MSAA". Opsi ini akan meningkatkan performa game pada HP Oppo dengan RAM 2GB.

BACA JUGA:3 Tips Cek Beli Hp Bekas yang Murah, Jangan Sampai Ketipu!

2. Menghapus Cache Aplikasi

Membuka Menu Manajemen Aplikasi

Cara mengatasi ponsel Oppo yang lola selanjutnya adalah membersihkan cache dari aplikasi-aplikasi yang sering Anda gunakan. Untuk melakukannya, buka kembali menu "Pengaturan" dan cari opsi "Manajemen Aplikasi". Ketuk opsi tersebut untuk masuk ke daftar seluruh aplikasi yang terpasang di HP Oppo Anda.

Menghapus Cache Aplikasi

Dari daftar aplikasi, pilih aplikasi yang paling sering Anda gunakan seperti WhatsApp, TikTok, Instagram, dan lain sebagainya. Ketuk aplikasi tersebut, kemudian pilih opsi "Penyimpanan". Di menu "Penyimpanan", Anda akan melihat berapa besar cache yang tersimpan untuk aplikasi tersebut.

Aplikasi dengan cache yang besar, seperti contohnya 10,7 MB pada WhatsApp atau 139 MB pada TikTok, dapat membuat HP Oppo menjadi lemot. Untuk membersihkannya, cukup ketuk opsi "Kosongkan Cache" pada bagian cache aplikasi.

Ulangi langkah ini untuk aplikasi lainnya yang sering digunakan dan memiliki cache besar. Jangan lupa untuk melakukan pembersihan cache aplikasi secara rutin agar HP Oppo tetap lancar.

3. Menghapus Cache Sistem

Membuka Proses Sistem

Setelah membersihkan cache aplikasi, tips mengatasi HP Oppo yang lemot selanjutnya adalah membersihkan cache sistem HP Oppo Anda. Masih di menu "Manajemen Aplikasi", cari dan ketuk opsi "Tampilkan Proses Sistem". Ini akan menampilkan daftar seluruh proses dan layanan sistem yang berjalan di HP Oppo Anda.

Menghapus Cache Sistem

Dari daftar proses sistem, perhatikan apakah ada proses yang memiliki penggunaan memori cukup besar. Ketuk proses tersebut, lalu pilih "Penyimpanan" seperti saat membersihkan cache aplikasi tadi.

Di menu "Penyimpanan", Anda akan melihat seberapa besar cache yang dimiliki oleh proses sistem tersebut. Pada beberapa kasus, cache sistem yang tidak dibersihkan dapat mencapai hingga 1GB lebih.

Cache sebesar ini tentu akan membuat HP Oppo semakin lemot dan lambat. Untuk membersihkannya, cukup ketuk opsi "Kosongkan Cache" pada bagian cache sistem. Anda dapat melakukan ini untuk beberapa proses sistem lain yang memiliki cache besar.

Tips Tambahan:

  1. Jangan terlalu banyak menginstal aplikasi jika HP Oppo Anda hanya memiliki RAM 2GB, sebab semakin banyak aplikasi maka semakin besar pula konsumsi memori yang dibutuhkan.
  2. Rutin membersihkan memori HP Oppo dengan menggunakan aplikasi pembersih memori untuk mencegah performa lambat akibat memori penuh.
  3. Pertimbangkan untuk melakukan factory reset jika masalah kelemotan masih terus berlanjut meski sudah menerapkan panduan di atas.

Dengan menerapkan tips mengatasi HP Oppo yang lemot di atas secara teratur, diharapkan HP Oppo dengan RAM 2GB Anda dapat berjalan lebih lancar dan cepat seperti sedia kala. Selamat mencoba panduan ini dan semoga membantu mengatasi masalah kelemotan HP Oppo Anda!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: