Ini Dia 4 Rahasia Cara Agar Kontak WhatsApp Aman dari Akses Pinjol, Tetap Waspada

Ini Dia 4 Rahasia Cara Agar Kontak WhatsApp Aman dari Akses Pinjol, Tetap Waspada

cara agar kontak whatsapp aman dari pinjol --foto gridpop

Cara agar kontak WhatsApp aman dari akses pinjol adalah dengan hapus aplikasi pinjol. Berikut caranya:

  • Buka Pengaturan yang ada di telepon kalian
  • Pilih pada bagian Aplikasi
  • Cari aplikasi pinjaman online yang kalian gunakan
  • Pilih Uninstall.

BACA JUGA:7 Tips Ampuh agar Pinjol Ilegal Tidak Bisa Akses Kontak Darurat, Dijamin Aman dan Tak Perlu Takut Diteror

Masyarakat juga diminta untuk selalu mengecek daftar fintech yang telah terdaftar di OJK, melalui bit.ly/daftarfintechlendingOJK atau hubungi Kontak OJK 157 @kontak157 melalui telepon 157. Selain itu, masyarakat juga bisa menghubungi pesan Whatsapp 0811-5715-7157, atau email [email protected].

Waspada, Ratusan Perusahaan Pinjol Gunakan Koperasi untuk Kedok Gaet Nasabah

Satgas Waspada Investasi (SWI) bentukan OJK menemukan ratusan pinjol menggunakan nama koperasi sebagai kedok untuk menggaet nasabah.

Sejak 2018 SWI menemukan ada 403 pinjol ilegal yang mengaku-ngaku sebagai koperasi sebagai badan usahanya.

Satgas sejauh ini sudah memblokir 4.160 pinjol ilegal yang ditemukan sejak 2018 dan jika dilihat pada periode Januari hingga Agustus 2022, SWI telah memblokir 426 pinjol ilegal yang diantaranya juga ada yang berkedok koperasi.

“Berkedok ya tapi, jadi dia tidak punya izin, tidak melakukan kegiatan seperti koperasi dan bukan ke anggota yang diberikan,” ujar Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L. Tobing saat peresmian Warung Waspada Pinjol, Jumat (16/9/2022).

Tongam mengatakan, selama ini pihaknya juga terus melakukan patroli siber dan masih banyak menemukan adanya aplikasi-aplikasi milik Koperasi Simpan Pinjam (KSP).

Belajar dari temuan tersebut, ia berharap agar ada koordinasi antara Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Kemenkumham jika ada lembaga koperasi simpan pinjam yang meminta perizinan. Sebab, KemenkopUKM juga memiliki tanggung jawab untuk membina KSP.

Demikian beberapa informasi mengenai cara agar kontak WhatsApp aman dari akses pinjol yang bisa kalian lakukan supaya tetap terjaga. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: