5 Cara Melunasi Utang Pinjol agar Tidak Galbay, Dijamin Aman dan Bebas dari Jeratan Utang

5 Cara Melunasi Utang Pinjol agar Tidak Galbay, Dijamin Aman dan Bebas dari Jeratan Utang

cara melunasi utang pinjol agar tidak galbay --foto hukum online

5. Cari Tambahan Pendapatan

Cara melunasi utang pinjol agar tidak galbay berikutnya yaitu cari tambahan sumber pendapatan, hal ini untuk mempercepat proses pelunasan, pertimbangkan untuk mencari sumber pendapatan tambahan.

BACA JUGA:8 Cara Mudah Melunasi Utang Pinjol Sampai Tuntas, Solusi Bebas dari Kejaran DC Lapangan

Melunasi Utang dengan Metode Debt Snowball

Ada berbagai cara untuk melunasi utang pinjol agar tidak galbay. Mulai dari cara sederhana sampai yang rumit. Pinjaman bank hingga pinjam kerabat. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk melunasi utang yaitu debt snowball. 

Pembayaran tagihan bulanan tetap dilakukan sesuai dengan jumlah minimunnya. Seorang penyiar radio Dave Ramsey menyarankan metode ini agar para debitur memiliki keuangan yang sehat. Selain penyiar, Ramsey menulis buku mengenai program untuk keluar dari utang.

Lantas, apa itu debt snowball? Metode debt snowball yaitu cara membayar utang dengan membuat daftar utang dari yang paling kecil hingga besar. Dikutip dari Investopedia, Selasa (25/3/2024) debitur harus menyisihkan uang untuk membayar utang, di mulai dari utang yang terkecil. 

Hukum Utang Pinjol dalam Islam

Terkait hukum pinjol sendiri, pada November tahun 2021 lalu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengadakan Ijtima' Ulama yang dalam salah satu poinnya membahas pinjol.

Dikutip dari laman MUI, disebutkan dasarnya transaksi pinjam meminjam merupakan akad (kontrak) saling tolong menolong antar sesama.

Karena prinsip akad pinjam meminjam yaitu tolong menolong membantu sesama, Ijtima' Ulama MUI dengan tegas mengharamkan segala jenis bentuk pengambilan keuntungan dari akad pinjam meminjam baik secara online maupun offline. Alasannya, hal ini termasuk riba. 

BACA JUGA:10 Cara Efektif Melunasi Utang Pinjol agar Tidak Galbay, Manfaatkan Pinjaman Tanpa Bunga Sepeserpun

Lebih lanjut, Ijtima' Ulama berpendapat bahwa memberikan ancaman fisik atau membuka rahasia (aib) seseorang yang tidak mampu membayar utang adalah haram. Adapun memberikan penundaan atau keringanan dalam pembayaran utang bagi yang mengalami kesulitan, merupakan perbuatan yang dianjurkan (mustahab).

Dijelaskan juga, bila orang yang telah meminjam sudah memiliki ganti, haram baginya menunda pembayaran utang. 

Akhirnya, melunasi utang pinjol bukanlah hal yang mudah, namun dengan langkah-langkah yang tepat dan kesadaran akan tanggung jawab, kalian bisa mengatasi masalah tersebut. Selalu ingat untuk melihat pada prinsip-prinsip keuangan yang baik dan bagi yang beragama Islam, memperhatikan aspek kepatuhan syariat dalam melunasi utang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: