Cek Bagian Berikut Saat Ingin Membeli iPhone Bekas, Berikut 7 Tips Cek iPhone Bekas 2024

Cek Bagian Berikut Saat Ingin Membeli iPhone Bekas, Berikut 7 Tips Cek iPhone Bekas 2024

Tips mengecek iPhone bekas-iNews.id-

DISWAYJATENG - Jika kamu ingin membeli iPhone di tahun 2024 ini, kamu harus lebih wasapada kembali agar tidak tertipu oleh si penjual. Ada beberapa tips cek iPhone bekas 2024 yang bisa kamu ikuti agar tidak ada kejadian tidak diinginkan.

Tips cek iPhone bekas 2024 ini sangat penting, sebab, banyak sekali iPhone bekas dengan kondisi rufer based atau rekondisi. Jadi buat kamu yang belum tahu apa itu rekondisi, rekondisi adalah secara fisik iPhone tersebut masih terlihat bagus dan mulus, namun dalamnya sudah dibongkar dan part-nya sudah diganti.

Tentunya hal seperti itu tidak ingin terjadi pada kamu kan saat akan membeli iPhone bekas. Pada kesempatan kali ini kita akan membagikan tips cek iPhone bekas 2024 yang bisa menjadi acuan kamu dalam membeli iPhone.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah tips cek iPhone bekas 2024 yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli iPhone bekas. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA:Kembali seperti Baru, 6 Tips Ini Bisa Mengatasi HP Android Lemot dan Kurang Responsif Jadi Gahar Lagi

1. Periksa Kondisi Fisik

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek kondisi fisik iPhone bekas secara menyeluruh. Perhatikan apakah ada kerusakan atau goresan pada bagian backdoor, sisi, maupun tombol-tombol.

2. Cek Keaslian Layar

Salah satu komponen penting yang harus diperiksa adalah layar. Untuk memastikan layar masih original, kamu bisa melihat sisi LCD apakah fitur True Tone masih aktif atau tidak. True Tone adalah fitur yang menyesuaikan suhu warna layar dengan kondisi cahaya sekitar. Selain itu, gunakan fitur Active Touch untuk memastikan tidak ada bagian layar yang mati atau tidak responsif.

BACA JUGA:Ponsel Auto Kenceng Lagi, Begini Tips Jitu Mengatasi HP Android yang Lemot Setelah Pembaruan Sistem

3. Periksa IMEI

Tips cek iPhone bekas 2024 selanjutnya adalah dengan memeriksa IMEI. Sebelum membeli, pastikan untuk memeriksa nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) pada iPhone bekas tersebut. Kamu bisa mengeceknya di situs web resmi Apple atau menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memastikan IMEI tidak terkena pemblokiran atau dicuri.

4. Tes Speaker dan Kamera

Jangan lupa untuk menguji kualitas speaker dan kamera pada iPhone bekas. Untuk speaker, kamu bisa mencoba memutar stereo speaker test di YouTube dan pastikan suara yang dihasilkan jernih tanpa noise atau gangguan.

Sedangkan untuk kamera, pastikan tidak ada masalah seperti lambat memuat atau lambat beralih antara kamera utama dan depan.

5. Periksa iCloud dan Baterai

Sebelum membeli, pastikan iPhone bekas tersebut tidak terkunci dengan akun iCloud sebelumnya. Hal ini bisa membuat iPhone menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Selain itu, periksa juga kesehatan baterai. Usahakan untuk membeli iPhone bekas dengan kondisi baterai di atas 80%. Kamu bisa menguji ketahanan baterai dengan merekam video 4K dan memperhatikan penurunan persentase baterai.

BACA JUGA:Tips Memilih Hp Android Agar Tidak Salah Membeli, Perhatian sebelum Membeli

6. Tes Sensor dan Face ID

Tips cek iPhone bekas 2024 berikutnya yaitu dengan tes sensor dan face ID. Sensor pada iPhone juga perlu diperiksa, terutama sensor kedekatan (proximity) yang berfungsi untuk mematikan layar saat didekatkan ke telinga saat menelepon. Pastikan layar benar-benar mati saat ditutup.

Jangan lupa juga untuk menguji Face ID (atau Touch ID untuk model lama) dan kompas, pastikan keduanya berfungsi dengan semestinya.

7. Gunakan Aplikasi Trio Tools

Untuk memeriksa informasi detail tentang iPhone bekas, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Trio Tools. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melihat komponen apa saja yang sudah diganti pada iPhone tersebut.

Dengan mengikuti tips cek iPhone bekas 2024 di atas, diharapkan kamu bisa membeli iPhone bekas yang benar-benar berkualitas dan layak digunakan dalam jangka panjang. Jangan ragu untuk bertanya pada penjual atau menyanyakan ke kerabat yang mengerti mengenai iPhone agar tidak tertipu saat membeli iPhone bekas(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: