6 Tips Menghadapi DC Lapangan dengan Tepat, Kuncinya Hadapi dengan Tenang

6 Tips Menghadapi DC Lapangan dengan Tepat, Kuncinya Hadapi dengan Tenang

tips menghadapi dc lapangan--

Jika anda mendapatkan penagihan dengan cara seperti itu langkah awal yang harus dilakukan adalah harus tenang serta anda dapat melakukan pelaporan pada OJK.

4. Melapor ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Tips menghadapi DC lapangan selanjutnya yakni dengan melaporkan pihak pinjaman ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hal ini dapat dilakukan jika anda mendapatkan perlakuan yang tidak baik misalnya perlakuan kasar, ancaman, serta hal lainnya yang membuat anda tidak nyaman.

5. Wajib Tahu Hak Sebagai Debitur

Pasalnya debitur juga memiliki hak dan kewajiban, salah satu hak yang diperoleh yakni dengan mendapatkan cara penagihan yang tidak kasar maupun ancaman.

Oleh karena itu jika anda mendapatkan perlakuan yang tidak baik seperti penagihan yang kasar atau terintimidasi, anda dapat mengajukan laporan pada website resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

6. Rahasiakan Identitas Pribadi

Tips menghadapi DC lapangan yakni dengan merahasiakan identitas pribadi anda, hal ini untuk mengantisipasi supaya data pribadi anda tidak disebar luaskan.

Jika anda ditagih oleh debt collector dan mereka meminta data pribadi seperti Nomor KTP dan Nomor Rekening BANK pastikan anda tidak memberitahunya, anda cukup memberitahu data jumlah utang pinjaman serta waktu pengembalian.

BACA JUGA:7 Tips Pinjol ACC Cepat, Rahasia Pinjaman Cepat Cair

Sebelum melakukan pengajuan pinjaman di suatu platform pastikan platform tersebut sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hal ini untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan terjadi. 

Selain itu pastikan anda mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan membayar angsuran, hal ini untuk menghindari anda mengalami gagal bayar (galbay).

Demikian ulasan tentang tips menghadapi DC lapangan yang tepat, anda dapat melakukan cara diatas saat sedang mengalami gagal bayar dan dikejar-kejar oleh debt collector.

Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: