Wajib Tahu! 7 Hal Berikut Ini Agar Tidak Tertipu Saat Membeli iPhone Bekas

Wajib Tahu! 7 Hal Berikut Ini Agar Tidak Tertipu Saat Membeli iPhone Bekas

Wajib Tahu! 7 Hal Berikut Ini Agar Tidak Tertipu Saat Membeli iPhone Bekas--

DISWAY JATENG - Membeli iPhone bekas bisa menjadi pilihan menarik untuk menghemat pengeluaran. Namun, di balik harga yang lebih murah, terdapat risiko tertipu jika tidak teliti. Namun, ada risiko tertipu oleh penjual nakal yang menjual iPhone palsu atau HDC (High Definition Copy).

Mengutip dari akun youtube rizkinhk, iPhone HDC merupakan replika atau tiruan iPhone yang dibuat menyerupai aslinya, baik dari segi desain, sistem operasi, maupun fitur-fiturnya. Anda perlu tahu tips membeli iPhone bekas biar tidak tertipu.

Harganya pun jauh lebih murah dibandingkan iPhone original, sehingga menarik minat banyak orang yang ingin merasakan pengalaman menggunakan iPhone tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Membeli iPhone bekas juga perlu tahu triknya.

Berikut ini adalah tujuh hal penting yang harus Anda ketahui untuk memastikan bahwa iPhone bekas yang Anda beli asli dan berkualitas. Berikut tips membeli iPhone bekas dengan benar agar tidak tertipu.

BACA JUGA:9 Tips Membeli iPhone Bekas Agar Kamu Untung dan Tidak jadi Buntung

1. Cek App Store

Langkah pertama yang paling sederhana untuk mengecek keaslian iPhone adalah dengan membuka aplikasi App Store di iPhone Anda. Jika yang muncul adalah Google Play Store atau aplikasi mirip Play Store seperti pada perangkat Android, maka iPhone tersebut bisa dipastikan adalah versi HDC atau palsu. iPhone asli hanya akan memiliki App Store sebagai toko aplikasi bawaannya.

2. Verifikasi IMEI

Mengecek IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah langkah penting berikutnya sebelum Anda membeli iPhone bekas. Anda bisa melakukannya dengan menghubungi kode *#06# di iPhone Anda. IMEI akan muncul di layar, dan pastikan IMEI ini sesuai dengan yang tercantum di dusbox iPhone. 

Memastikan kesesuaian IMEI antara perangkat dan dusbox adalah cara untuk memastikan bahwa iPhone bekas yang Anda beli bukan hasil rekondisi yang tidak resmi atau perangkat dengan masalah konektivitas.

Jika IMEI tidak muncul setelah menghubungi kode tersebut, ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada perangkat, seperti kerusakan konektivitas atau perangkat yang hanya dapat digunakan melalui WiFi (tidak dapat menggunakan kartu SIM).

3. Periksa Nomor Seri di Situs Apple

Untuk memverifikasi lebih lanjut, Anda bisa memeriksa nomor seri iPhone di situs resmi Apple. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu "Pengaturan" di iPhone.
  • Pilih "Umum".
  • Pilih "Mengenai".
  • Salin nomor seri yang tertera.

Setelah menyalin nomor seri, buka situs Apple Coverage dan tempelkan nomor seri tersebut di kolom yang tersedia. Setelah memasukkan kode captcha, klik "Lanjutkan". Jika informasi yang muncul sesuai dengan tipe dan detail iPhone Anda, maka iPhone tersebut adalah asli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: