7 Cara Melunasi Utang Pinjol paling Efektif Agar Tidak Diteror dan Dikejar Penagih Pinjol

7 Cara Melunasi Utang Pinjol paling Efektif Agar Tidak Diteror dan Dikejar Penagih Pinjol

cara melunasi utang pinjol paling efektif --foto media konsumen

Memang di masa depan kita semua tidak akan tahu pengeluaran apa lagi yang akan dikeluarkan. Tapi demi menjaga nama baik di BI Checking, kalian harus rela menghabiskan uang tabungan untuk melunasi utang.

3. Prioritaskan Utang dengan Bunga Besar dan Tenor Singkat

Jika kalian memiliki beberapa utang pinjaman secara online maupun offline, sebaiknya prioritaskan utang dengan bunga paling besar atau tenor paling singkat.

Cara melunasi utang pinjol paling efektif ini bisa menyelesaikan masalah finansial. Jika salah satu hutang sudah lunas, kalian bisa fokus menyelesaikan cicilan atau pembayaran utang di tempat lain sebelum bunganya membesar.

BACA JUGA:Cara Melunasi Utang Pinjol yang Belum Lunas, Solusi Jitu Agar Cepat Keluar Dari Lilitan Utang

4. Cari Pemasukan Tambahan

Cara melunasi utang pinjol paling efektif selanjutnya yaitu dengan mencari pemasukan tambahan. Ada banyak usaha yang bisa dilakukan, mulai dari membuka jasa belajar online, jasa titip belanja rumahan, bisnis makanan, dan masih banyak lainnya.

5. Analisis Pendapatan dan Pengeluaran

Hal yang perlu dilakukan hanyalah sebuah buku catatan atau spreadsheet untuk membuat perencanaan. Setelah menganalisa, kalian bisa membuat strategi untuk melunasi utang.

Dilansir dari Kementerian Keuangan, sebaiknya alokasikan dana sebesar 25% sampai 35% untuk membayar utang. Persentase ini dibilang sangat baik dan tidak mengganggu pengeluaran bulanan lainnya.

6. Hindari Tutup Gali Lubang atau Refinancing

Beberapa dari mereka menganggap ini satu-satunya jalan untuk mengatasi tagihan hutang yang belum lunas. Sebenarnya cara ini tidak efektif dan justru merugikan kalian. Sebab jumlah utang yang dimiliki akan bertambah dengan bunga yang berbeda-beda.

BACA JUGA:5 Penyedia Pinjaman Syariah untuk Melunasi Utang Riba, Berikut Tipsnya yang Harus Diperhatikan

Daripada menambah jumlah utang di aplikasi lain, lebih baik pikirkan bagaimana cara untuk mendapat penghasilan tambahan, menjual barang elektronik atau aset, atau menjalani gaya hidup hemat untuk sementara waktu.

7. Jual Aset Berharga 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: