5 Cara Mengatasi Gagal Bayar Pinjol Jika Terlanjur Sulit Melunasi Utang

5 Cara Mengatasi Gagal Bayar Pinjol Jika Terlanjur Sulit Melunasi Utang

Cara mengatasi gagal bayar pinjol--

BACA JUGA: 5 Cara Mengatasi Galbay Pinjol agar Utang Cepat Lunas dan Aman dari Kejaran DC

3. Hubungi Penyedia Pinjaman Online

Cara mengatasi gagal bayar pinjol berikutnya, yakni menghubungi penyedia pinjaman. Anda bisa menghubungi pihak pinjol melalui layanan customer service yang sudah disediakan oleh pinjol,

Apabila ditagih utang oleh pihak pinjol sebaiknya jangan diabaikan. Solusi galbay yaitu dengan menjelaskan kondisi Anda saat ini kepada penagih dan sertakan alasan kenapa tidak bisa melunasi utang pinjaman online.

Jika perlu minta keringanan kepada pihak penyedia pinjaman. Cara ini jauh lebih efektif dilakukan untuk menghindar risiko merugikan untuk kedepannya.

BACA JUGA: 7 Cara Mudah Mengatasi Galbay Pinjol Agar Tidak Dikejar DC Lapangan Terbaru 2024

4. Lakukan Negosiasi dengan Pihak Pinjol

Melakukan negosiasi dengan pihak pinjol supaya nasabah tidak dibebankan dengan tagihan utang. Caranya yaitu dengan meminta pengurangan jumlah utang, perpanjang waktu cicilan utang, dan minta keringanan biaya tambahan.

Pihak penyedia pinjol biasanya akan bersedia melakukan negosiasi dengan nasabah untuk mencari jalan keluar masalah tersebut. Dengan cara ini bisa menghindari penumpukan utang dan Anda bisa fokus pada pelunasan utang.

5. Laporkan

Apabila Anda merasa dirugikan oleh pihak penyedia pinjol, maka sebaiknya laporkan saja. Nasabah berhak melaporkan kepada lembaga pengawasan keuangan seperti OJK, AFPI, dan Polisi.

BACA JUGA: 5 Cara Ampuh Mengatasi Galbay Pinjaman Online Agar Tidak Dikejar Debt Collector Terbaru 2024

Pada proses melaporkan penyedia pinjaman, sebaiknya sertakan bukti pendukung dari kerugian tersebut seperti penagihan kasar, teror, dan intimidasi. Bukti tersebut bisa berupa video, isi chat, rekaman suara, dan lainnya.

Demikian informasi tentang cara mengatasi gagal bayar pinjol supaya aman dari teror atau ancaman penagihan debt collector. Semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: