Cara Mengatasi Pinjol Ilegal dengan Benar, Lakukan 5 Hal Ini Supaya Tetap Aman

Cara Mengatasi Pinjol Ilegal dengan Benar, Lakukan 5 Hal Ini Supaya Tetap Aman

cara mengatasi pinjol ilegal --foto trenasia

DISWAY JATENG - Meski sudah banyak kasus jeratan pinjol ilegal yang menelan korban, tetapi sampai dengan hari ini, masih banyak orang yang terjebak. Berikut cara mengatasi pinjol ilegal bagi yang sudah terlanjur terjerat pinjaman ilegal. 

Namun, jika sudah terlanjur terjebak kedalam pinjaman ilegal jangan kalian khawatir, kini terdapat beberapa cara mengatasi pinjol ilegal dengan benar yang bisa kalian lakukan. 

Pasalnya tersebar beberapa aplikasi pinjol yang menawarkan berbagai keuntungan menarik, tetapi kalian juga jangan sampai langsung tergiur untuk menggunakannya, sebab bisa saja platform tersebut belum resmi dan terdaftar di OJK. Maka kalian wajib tahu cara mengatasi pinjol ilegal dengan benar. 

Pada artikel ini, telah kami rangkum beberapa cara mengatasi pinjol ilegal yang bisa kalian lakukan dan terapkan agar tidak mengalami kerugikan di kemudian hari. Yuk simak berikut ini. 

BACA JUGA:Bagaimana Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi? Berikut 6 Solusi Cerdas yang Bisa Dicoba

 

1. Ajukan keringanan

Jika memang melunasi pinjaman dana terlalu berat, kalian bisa mencoba untuk melakukan negosiasi dengan pihak pemberi pinjaman.

Kalian bisa meminta keringanan misalnya, tenor yang diperpanjang, keringanan pelunasan pinjaman pokok dulu dan bunga belakangan, dan berbagai bentuk dispensasi lainnya.

2. Ambil tindakan

Jika sudah terlanjur terjerat pinjol ilegal, yang kemudian mengintimidasi kalian, bahkan ketika pinjaman juga sudah dikembalikan, maka inilah yang harus segera kalian lakukan:

  • Blokir nomor yang menghubungi kalian.
  • Simpan semua bukti pelunasan yang sudah dilakukan, dan laporkan kepada pihak yang berwenang. 
  • Infokan pada setiap kontak yang tersimpan dalam handphone kalian, untuk mengabaikan setiap pesan pinjol yang ‘mampir’ ke nomor mereka, serta minta minta tolong untuk segara memblokir nomor yang bersangkutan.

BACA JUGA:Jangan Panik! Inilah 5 Cara Mengatasi Pinjol Ilegal Sebar Data Pribadi, sangat Ampuh dan Efektif!

3. Segera lunasi

Cara mengatasi pinjol ilegal yang berikutnya yaitu segera melunasinya. Lebih cepat lunas, akan lebih baik, mengingat bebannya akan semakin berat jika sampai kalian menundanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: