Cara Mudah Hapus Data Pribadi di Pinjol yang Bikin Resah Agar Tidak Disalahgunakan

Cara Mudah Hapus Data Pribadi di Pinjol yang Bikin Resah Agar Tidak Disalahgunakan

cara hapus data pribadi di aplikasi pinjol --foto youtobe

DISWAY JATENG - Cara hapus data pribadi di aplikasi pinjol banyak dicari pengguna ponsel ketika kontak mereka masuk dalam sistem SMS Blast. Wajar saja nomor ponsel bisa saja dapat SMS tawaran pinjol sebanyak 3 kali sehari yang sangat mengganggu.

Cara hapus data pribadi di aplikasi pinjol bisa juga dengan mengamankan privasi peminjam. Dengan beberapa langkah dibawah ini, kalian tidak perlu khawatir dan jangan panik lagi apabila data disalagunakan oleh penyedia pinjol, khususnya pinjol ilegal yang meresahkan. 

Larangan perusahaan pinjol menawarkan produk lewat SMS didasari atas Peraturan OJK (POJK) Nomor 07/2013 tentang Perlindungan Konsumen Sektor Jasa Keuangan. Tidak heran jika metode penawaran pinjaman via SMS lewat kontak HP kebanyakan dilakukan fintech ilegal. Untuk itu, kalian perlu tahu cara hapus data pribadi di aplikasi pinjol tersebut. 

Cara hapus data pribadi di aplikasi pinjol bisa kalian lakukan untuk menghindari dari teror dan ancaman Debt Collector (DC) pinjol. Yuk simak beberapa cara efektif yang bisa kalian lakukan. 

BACA JUGA:5 Tips Menghapus Data Pribadi di Pinjol agar Hilang Permanen, Dijamin Aman dan Efektif

Cara Hapus Data Pribadi di Aplikasi Pinjol 

  • Cara pertama silakan masuk ke menu setelah atau “Setting” di smartphone kalian.
  • Masuk ke aplikasi dengan cara menggulir ke bawah dan pilih menu “Apl” atau “Applikasi”.
  • Berikutnya pilih “Kelola Aplikasi” lalu cari aplikasi pinjol yang hendak kalian rubah izin aksesnya.
  • Gulir ke bawah kemudian masuk ke perizinan dengan cara tab menu “Perizinan apl”.
  • Pilih satu per satu akses perizinan lalu matikan semua izin aplikasi tersebut.
  • Cara hapus izin akses data di aplikasi pinjaman selesai.
  • Apk pinjol tidak lagi bisa mengakses data ponsel.

Seperti yang telah kita singgung di atas, selain cara penagihan, terkadang pengguna terdaftar dapat tawaran produk pinjaman online lewat SMS. Padahal secara tegas OJK melarang perusahaan jasa keuangan menawarkan pinjaman lewat SMS.

Bahkan kominfo kemungkinan telah memblacklist kalimat-kalimat tertentu yang kerap digunakan untuk menawarkan pinjaman lewat SMS. Tidak heran jika kalian pernah mendapatkan SMS dengan tulisan alay.

BACA JUGA:Ketahui Cara Hapus Data Diri di Pinjol Agar Tidak Disebar dan Diteror oleh Debt Collector, Dijamin Ampuh

Kenapa Harus Menghapus Data dari Pinjaman Online?

Mengingat risiko pinjol ilegal cukup besar cara hapus data pribadi di aplikasi pinjol patut kalian coba agar tidak lagi terganggu dengan tawaran tersebut.

Di sisi lain tumbuh suburnya praktik pinjam meminjam online berbanding dengan banyaknya keluhan pengguna. Tidak hanya masalah SMS penawaran produk ke nomor telepon saja. Namun banyak peminjam merasa terganggu atas penagihan pembayaran yang kurang beretika melalui SMS dan WA ke nomor HP.

Parahnya lagi aplikasi pinjol ada juga “sering” mengintip nomor telepon yang tersimpan pada smartphone pengguna. Efeknya sering kali DC menghubungi nomor HP yang tidak kita masukkan dalam nomor kondisi darurat.

Bayangkan saja jika DC menghubungi atasan, rekan kerja. Atau bahkan partner bisnis untuk melakukan penagihan. Selain mencemarkan nama baik hal ini bisa dibilang sebagai serangan mental agar peminjam merasa malu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: