8 Fakta Menarik Candi Borobudur yang Belum Diketahui Banyak Wisatawan

8 Fakta Menarik Candi Borobudur yang Belum Diketahui Banyak Wisatawan

fakta menarik candi borobudur --foto hops.id

DISWAY JATENG - Fakta menarik Candi Borobudur! Candi Borobudur merupakan sebuah candi Budha yang terletak di Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Yang termasuk candi Budha terbesar dan paling terkenal di Dunia. 

Candi Borobudur dianggap sebagai salah satu keajaiban Dunia dengan arsitekturnya yang unik dan menjadikan warisan budaya Indonesia. Kondisinya tetap terawat, sehingga masih berfungsi sebagai tempat ibadah, terutama saat Waisak. Dengan ini, salah satu fakta menarik Candi Borobudur yang terkenal dan sering didatangi oleh pada turis. 

Keindahan dan pesona Candi Borobudur, kini menjadi salah satu destinasi wisata yang terpopuler di Indonesia. Fakta menarik Candi Borobudur kini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Sayangnya, hingga saat ini masih belum terkuak, bagaimana proses terbentuknya candi Buddha terbesar di dunia ini. Meski demikian, ada beberapa fakta menarik Candi Borobudur yang unik dan harus kalian ketahui. Yuk simak berikut ini.

BACA JUGA:Keajaiban Dunia! 6 Keunikan Candi Borobudur dengan Kecerdasan Sistem Struktur Antigempa

Fakta Menarik Candi Borobudur  

1. Relief di Candi Borobudur bercerita kisah kehidupan Buddha

Total sekitar 2.672 pahatan relief yang tersebar di Candi, berukuran 123 x 123 meter. Sebanyak 1.460 di antaranya bercerita tentang kisah Buddha, sisanya sekadar relief dekoratif. Salah satu kisahnya mengenai kelahiran Buddha yang diceritakan pada relief Jataka dan Awadana.

Selain itu, terdapat 504 arca Buddha yang terletak dalam 432 relung dan 72 stupa berlubang. Ada pula 100 talang berbentuk patung ikan berkepala gajah sebagai saluran air. 

2. Candi Borobudur terdiri atas dua juta balok vulkanik

Banyak perdebatan mengenai Borobudur, termasuk hipotesa candi dibangun di atas sebuah danau purba yang mengering. Dugaan semakin kuat saat ada bukti terendamnya bagian dasar candi pada abad ke-13 dan ke-14. Meski demikian, hingga saat ini pembangunan Candi Borobudur masih menjadi misteri.

BACA JUGA:7 Misteri yang Belum Terungkap dari Candi Borobudur Hingga Saat Ini, Nomor 4 Bikin Penasaran!

3. Borobudur menjadi wisata ziarah bagi umat Buddha

Setelah pemugaran tersebut, Borobudur mulai dijadikan wisata realigi bagi umat Buddha. Hingga saat ini, candi ini juga dijadikan pusat perayaan Waisak di Indonesia yang menarik perhatian wisatawan domestik hingga internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: