3 Tips Jika Mengalami Gagal Bayar Pinjol

3 Tips Jika Mengalami Gagal Bayar Pinjol

tips jika mengalami gagal bayar pinjol-Tangkapan layar Diswayjateng.id-

DISWAY JATENG - Bagi kalian yang pernah melakukan di pinjol. Apa yang harus dilakukan apabila mengalami gagal bayar pinjol alias gagal bayar tagihan cicilan di pinjaman online? Ketahui solusi dan risiko yang akan dihadapi apabila nasabah menunggak dan tidak membayar kredit.

Gagal bayar pinjol sering kali terjadi saat kita akan membayar tagihan kredit apalagi dengan keadaan yang sedang sulit dan susah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti gagal bayar adalah tidak bisa membayar atau melunasi utang.

Bagaimana cara mengatasi apabila mengalami gagal bayar pinjol atau galbay di pinjol? Dan apabila tidak membayar tagihan kredit di pinjol, apa risiko yang akan terjadi? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Dalam artikel ini akan kami ulas mengenai tips jika mengalami gagal bayar pinjol. Mari kita simak dan baca sampai selesai ya!

BACA JUGA:6 Cara Efektif Hapus Data Pribadi di Pinjol Terbaru 2024, Auto Hilang Permanen

Gagal bayar pinjamam online salah satu risiko terbesar ketika meminjam dana. Selain ketidakmampuan melunasi pinjaman, performa debitur akan menjadi buruk sehingga ada kemungkinan masuk ke dalam daftar hitam dan sulit untuk mengajukan pinjaman di kemudian hari.

Berikut ini solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi gagal bayar pinjol: 

1. Memohon Pengurangan Bunga

Debitur bisa melakukan negosiasi dengan penyedia jasa pinjol untuk mengurangi bunga kredit pinjaman.

Bunga kredit pinjaman yang mengecil dapat mengurangi jumlah pinjaman dan bunganya sehingga lebih memungkinkan dan meringankan seorang debitur untuk melunasinya.

2. Melapor ke Instansi Terkait

Jika dalam proses penagihan masyarakat mendapat perbuatan yang tidak menyenangkan, teror dan sudah merugikan masyarakat dapat melaporkan ke polisi agar diambil tindakan hukum.

Tidak bisa dipungkiri, setiap utang yang tidak segera dibayar pasti ada konsekuensinya. Salah satu konsekuensinya ialah terjadi penagihan yang tidak menyenangkan, seperti mendapat teror.

Sejumlah teror yang mungkin saja terjadi mencakup panggilan telepon setiap hari, dan membuat grup WhatsApp yang isinya kerabat, keluarga, teman, dan atasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: