8 Cara Menghentikan Pinjol Ilegal Sebar Data jika Sudah Terlanjur Daftar

8 Cara Menghentikan Pinjol Ilegal Sebar Data jika Sudah Terlanjur Daftar

Cara agar pinjol tidak sebar data pribadi-pinterest-

DISWAY JATENG - Dampak dari penggunaan pinjaman online (pinjol) ilegal sangat mengerikan. Salah satu kasus yang paling sering adalah pinjol ilegal sebar data pribadi peminjam.

Lalu, bagaimana cara menghentikan pinjol ilegal sebar data pribadi? Jika sudah terjerat pinjol ilegal kamu bisa mengalami teror oleh debt collector atau DC. Biasanya DC lapangan akan mengunjungi rumah peminjam dengan perlakuan yang kurang pantas sampai memeberikan ancaman.

Ancaman yang diberikan adalah pinjol ilegal sebar data pribadi kamu. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih pinjol jangan sampai kamu terjerat pinjol ilegal. Pastikan pinjol yang kamu pilih pinjaman legal yang sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

BACA JUGA:6 Tips agar Pinjol Langsung Acc, Caranya Ampuh dan 100% Disetujui

Nah berikut ini ada cara untuk menghentikan pinjol ilegal sebar data pribadi kamu ke publik. Ikuti langkah-langkahnya ini dengan baik!

1. Kenali Tanda-tanda Pinjol Ilegal

Langkah pertama untuk menghindari pinjamam online sebar data adalah mengenali tanda-tanda pinjol ilegal. Pinjol ilegal biasanya tidak terdaftar OJK, menawarkan bunga yang sangat tinggi, meminta akses ke data pribadi yang tidak relevan, dan tidak memiliki alamat kantor yang jelas. 

Sebelum meminjam, pastikan untuk melakukan riset mendalam mengenai platform yang akan digunakan.

2. Blokir Akses ke Data Pribadi

Jika kamu sudah terlanjur menggunakan layanan pinjol ilegal, segera hentikan penggunaan aplikasi tersebut. Hapus aplikasi dari perangkat kamu. 

Periksa pengaturan privasi yang ada di ponsel kamu, cabut izin aplikasi pinjol ilegal untuk mengakses data pribadi, seperti kontak, galeri, dan lokasi. 

Ini akan membantu menghentikan aplikasi dari mengambil informasi lebih lanjut. Pinjol ilegal dapat melakukan peretasan informasi pribadi peminjam lewat ponsel yang kamu gunakan, hal ini biasa digunakan dalam melakukan penagihan kepada debitur.

Sebab itu, disarankan untuk melakukan pemblokiran dan menonaktifkan izin aplikasi pinjol. Agar dapat menghentikan pinjol ilegal sebar data pribadi.

3. Lakukan Pembayaran Tepat Waktu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: