6 Pakaian Adat Jawa Tengah yang Mendunia dan Memiliki Ciri Khas Tampilan Unik

6 Pakaian Adat Jawa Tengah yang Mendunia dan Memiliki Ciri Khas Tampilan Unik

Pakaian adat Jawa Tengah yang mendunia--

3. Kain Batik Jawa

Kain Batik sudah tidak asing lagi terdengar di masyarakat Indonesia. Batik Jawa Tengah memiliki berbagai macam motif beragaman yang unik dan penuh makna.

BACA JUGA:5 Rumah Adat di Jawa Tengah Selain Joglo, Unik dan Memiliki Ciri Khas Khusus

Proses pembuatan motif batik adalah secara manual dengan berbagai motif berbeda yang memiliki makna yang berbeda pula. Karena itu, dengan keindahan dan keunikan dari batik tersebut membuatnya mendunia.

4. Pakaian Adat Kebaya Jawa Tengah

Pakaian adat Jawa Tengah yang mendunia berikutnya, yakni Kebaya. Pakaian adat satu ini memiliki kesan klasik. Kebaya Jawa Tengah biasa dipakai mempelai wanita dalam acara pernikahan adat Jawa.

5. Basahan

Pakaian adat Basahan memiliki keuanikan tersendiri dibandingkan dengan baju adat lainnya. Baju adat basahan merupakan warisan Kerajaan Mataram yang menjadi kerajaan besar di Jawa. Ciri khas lain adalah kalung yang begitu besar yang melambangkan kemewahan.

6. Beskap

Beskap merupakan pakaian adat dengan ciri khas warna hitam polos.  Beskap memiliki berbagai jenis, yaitu Beskap Gaya Jogja, Beskap Landung, Beskap Gaya Kulon, dan Beskap Gaya Solo.

Terdapat kerah tanpa lipatan dalam pakaian ini dan modelnya tidak simetris dengan tujuan untuk menyimpan keris. Pakaian ini sering digunakan pada acara pernikahan dan lainnya.

Demikian informasi tentang beberapa pakaian adat di Jawa Tengah yang mendunia dan memiiki makna dan keunikannya tersendiri. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: