Jadi Destinasi Utama, Inilah Keunikan Kopi Klotok Khas Jogja, Tertarik Mengunjunginya?

Jadi Destinasi Utama, Inilah Keunikan Kopi Klotok Khas Jogja, Tertarik Mengunjunginya?

Inilah keunikan warung kopi klotok khas Jogja-Magneto Holidays-

DISWAYJATENG - Kopi klotok khas Jogja adalah salah satu jenis kopi yang saat ini tengah populer di kalangan pecinta kopi. Pernahkah Anda mencobanya?

Kopi klotok khas Jogja ini memiliki cita rasa dan aroma yang khas, berbeda dari kopi-kopi pada umumnya, sehingga membuatnya unik dan menarik perhatian banyak orang.

Tidak heran jika banyak yang penasaran dan ingin merasakan keunikan kopi klotok khas Jogja yang sangat melegenda ini. Bahkan, kopi klotok ini menjadi salah satu destinasi utama saat seseorang berwisata ke Jogja.

Tertarik untuk berwisata kopi ke Warung Kopi Klotok Khas Jogja? Berikut informasi lengkapnya!

BACA JUGA:Tradisi Sinoman Masyarakat Jawa, Intip Berikut Ini Keunikan dan Ciri Khasnya

 

Apa Itu Kopi Klotok?

Kopi klotok berasal dari Yogyakarta dan memiliki cara pembuatan yang unik. Kopi ini dibuat dengan cara merebus air bersama bubuk kopi yang tidak terlalu halus, atau bisa dikatakan kasar. Biji kopi yang digunakan bisa berasal dari jenis arabika maupun robusta.

Air dan bubuk kopi klotok khas Jogja ini direbus dalam panci, lalu dipanaskan di atas bara tungku hingga mendidih. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 3-5 menit. Kunci dari pembuatan kopi ini adalah penggunaan bara tungku, yang memberikan rasa dan aroma khas pada kopi.

Saat air mendidih, biasanya terdengar bunyi "klotok-klotok," dan dari sinilah nama "kopi klotok" berasal. Kopi ini memiliki kesamaan dengan kopi tradisional Turki, namun bedanya, kopi Turki menggunakan ibrik dan kompor pasir.

BACA JUGA:Intip Inilah Keunikan Warung Nasi Ponggol Setan Bu Kusnira Tegal, Pasti Jadi Incaran Menu Kuliner

 

Daya Tarik Kopi Klotok Khas Jogja

Untuk mencicipi kopi klotok, Anda bisa mengunjungi Warung Kopi Klotok yang telah berdiri sejak tahun 2015. Warung ini tidak hanya terkenal dengan kopinya, tetapi juga dengan makanannya yang lezat dan cepat habis.

Suasana di Warung Kopi Klotok sangat asri, dikelilingi oleh persawahan dan pepohonan hijau, membuat banyak orang betah untuk bersantai sambil menikmati kopi.

 

Jam Buka, Lokasi, dan Rute Perjalanan ke Kopi Klotok

Warung Kopi Klotok terletak di Jalan Kaliurang No. KM.16, Area Sawah, Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 21.30. Disarankan untuk datang pagi-pagi agar menu masih lengkap, karena menjelang siang atau sore biasanya makanan sudah habis.

Untuk mencapai Warung Kopi Klotok, Anda bisa berangkat dari UGM Yogyakarta dan menuju ke Jalan Kaliurang. Lanjutkan perjalanan hingga Kilometer 16, lalu perhatikan plang petunjuk bertuliskan Warung Kopi Klotok di sebelah kanan jalan. Masuklah ke gang tersebut dan ikuti jalan hingga menemukan Warung Kopi Klotok di sebelah kiri.

Perjalanan dari UGM Yogyakarta ke Warung Kopi Klotok sekitar 17 km dengan waktu tempuh 45 menit hingga 1 jam. Jika menggunakan transportasi umum, naiklah bus tujuan Kaliurang dari Terminal Condongcatur dan minta turun di Jalan Kaliurang Kilometer 16.

 

 BACA JUGA:Mengintip Keunikan Gedung Bersejarah SCS Tegal, Kembarannya Lawang Sewu, Begini Ceritanya

 

Harga dan Menu di Warung Kopi Klotok

Untuk menikmati kopi klotok, Anda hanya perlu mengeluarkan Rp5.000 per gelas. Selain kopi, Warung Kopi Klotok juga menawarkan berbagai menu makanan yang lezat dengan harga terjangkau. Berikut daftar menu dan harganya:

- Nasi putih: Rp3.500

- Lodeh tempe lombok ijo: Rp6.500

- Lodeh kluwih: Rp6.500

- Lodeh terong: Rp6.500

- Sayur asem: Rp6.500

- Sambel dadak: Rp500

- Sego megono: Rp6.500

- Tahu bacem: Rp3.500

- Tempe garit: Rp1.500

- Telur krispi: Rp5.500

- Pindang goreng: Rp2.500

- Jadah goreng (isi 3 buah): Rp6.500

- Pisang goreng (isi 2 buah): Rp6.500

- Teh tawar: Rp1.000

- Teh manis panas: Rp3.000

- Jeruk panas atau es jeruk: Rp4.900

- Es teh manis: Rp4.000

- Wedang jahe gepuk: Rp6.500

- Teh tubruk gulo batu: Rp6.500

 

Anda juga bisa memesan paket makanan lengkap seharga Rp11.500 hingga Rp15.000, yang sudah termasuk nasi, sayur, lauk, dan minuman.

Warung Kopi Klotok Khas Jogja menawarkan pengalaman menikmati kopi dengan cara tradisional yang khas, diiringi suasana pedesaan yang asri. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung dan merasakan keunikan kopi klotok saat berada di Yogyakarta!(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: