Waspada Bahaya Pinjol Ilegal, Lakukan 5 Cara ini untuk Menghindarinya

Waspada Bahaya Pinjol Ilegal, Lakukan 5 Cara ini untuk Menghindarinya

Waspada bahaya pinjol ilegal yang sangat membantu sebagaimana saling menolong satu sama lain.--

DISWAY JATENG- Banyaknya akun pinjaman online, kini banyak yang menyalahgunakan dengan melakukan cara yang tidak halal untuk mencari penghasilan. kini banyak situs pinjol ilegal yang merajalela di sekitar kita. dengan adanya artikel ini disway jateng Waspada Bahaya Pinjol Ilegal simak terus untuk mengetahuinya

Mendapatkan dana cepat memang sangat dibutuhkan saat kondisi keuangan sedang krisis. perlu anda ketahui, Waspada Bahaya Pinjol Ilegal kini sangat banyak yang terjebak melakukan hal yang dilarang ini. Menurut Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L. Tobing, pengaduan pinjol ilegal tahun ini naik 80% dibandingkan tahun lalu.

Kerugian-kerugian yang ditimbulkan oleh pinjol ilegal di antaranya adalah bunga pinjaman yang sangat tinggi, penagihan kasar kepada penerima pinjaman, waktu jatuh tempo pembayaran pinjaman yang tidak sesuai dengan perjanjian di awal, serta akses terhadap data pribadi. Maka anda harus Waspada Bahaya Pinjol Ilegal.

BACA JUGA: Terjerat Pinjol Ilegal? Inilah 5 Langkah Tips Aman Galbay Pinjol Ilegal yang Harus Kamu Coba

Lembaga pinjol ilegal biasanya beroperasi di luar regulasi yang telah ditetapkan untuk melindungi konsumen. Dalam beberapa kasus, pinjol ilegal bahkan tidak terdaftar secara hukum sebagai perusahaan di Indonesia. simak terus Waspada Bahaya Pinjol Ilegal, lalukan cara ini untuk menggindarinya

1. Mengatur Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan dapat memetakan secara tepat antara jumlah penerimaan atau penghasilan dan pengeluaran. Adapun cara untuk mengatur keuangan secara sederhana, yaitu membuat catatan untuk setiap pengeluaran, menyisihkan uang untuk dana darurat, menabung, hingga investasi. 

BACA JUGA: Tips Jitu Memilih Pinjaman Online yang Aman, agar Terhindar dari Jeratan Pinjol Ilegal yang Mencekik Leher

2.Hindari Gaya Hidup Hedon

hidup hedon/mewah merupakan impian banyak orang, namun anda harus melihat kondisi keuangan anda agar terhindar dari pinjaman online ilegal. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan masih banyak masyarakat Indonesia yang memanfaatkan pinjol untuk keperluan konsumtif, seperti membeli gawai baru, jalan-jalan, membeli baju, hingga tiket konser. 

3.Atur Skala Prioritas

Masyarakat perlu membekali diri dengan pengetahuan mengenai tata cara pengelolaan uang yang tepat. Literasi keuangan bisa dipupuk dengan mengikuti berbagai kelas atau kegiatan yang berhubungan dengan edukasi finansial. Pengetahuan terhadap keuangan juga dapat mencegah diri terjebak akan iming-iming kemudahan pada pinjol ilegal.

4.Hindari FOMO

Hal ini tidak mengherankan karena adanya sifat FOMO atau fear of missing out atau perasaan takut tertinggal tren kekinian di kalangan anak muda yang memang banyak dirasakan saat ini. Media sosial dan lingkungan pertemanan menjadi penyebab hadirnya sifat FOMO ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: